Skip to main content

Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 PAI SD/MI Lengkap Tahun Ajaran 2021/2022

Persiapan dalam menyambut tahun ajaran baru 2021/2022 apakah bapak/ibu guru yang mengajar matpel PAI sudah menyiapkan perangkat pembelajaran/kurikulum 2013 yang salah satunya adalah RPP? RPP merupakan salah satu bagian dari administrasi guru yang harus dilengkapi dan selalu direvisi setiap tahunnya guna meningkatnya kualitas pembelajaran di sekolah. Selain RPP masih terdapat juga Prota, Prosem, Silabus, KKM dan masih banyak lagi yang harus dipersiapkan.

Kenapa perangkat pembelajaran penting bagi guru? Perangat pembelajaran penting karena selain sebagai panduan juga sebagai tolok ukur serta peningkatan profesionalisme seorang guru.

Perangkat pembelajaran merupakan panduan dalam kegiatan belajar mengajar (arahan) mengingat proses pembelajaran merupakan sesuatu yang sistematis dan berpola. Tidak sedikit guru yang hilang arah atau bingung ditengah-tengah proses pembelajaran hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran. Oleh karenanya, perangkat pembelajaran dapat memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang guru ketika bearada didalam kelas.

BACA JUGA: Cara aman melewati safelink converter

Disamping sebagai panduan, perangkat pembelajaran juga sebagai tolok ukur. Seorang guru yang profesional tentu akan selalu mengevaluasi setiap hasil mengajarnya, begitu pula dengan perangkat pembelajaran. Guru dapat mengevaluasi diri-nya sendiri sejauh mana perangkat pembelajaran yang telah dirancang teraplikasikan didalam kelas. Hal ini penting untuk terus meningkatkan profesionalime seorang guru. Hal tersebut juga bisa dimulai dengan membandingkan dari berbagai aktivitas dikelas, strategi, metode atau bahkan langkah pembelajaran dengan data yang ada diperangkat pembelajaran.

Selain yang saya sebutkan tadi, perangkat pembelajaran juga sebagai peningkatan profesionalisme. Perangkat pembelajaran tidak hanya sebagai kelengkapan administrasi saja. tetapi lebih sebagai media peningkatan profesionalisme. seorang guru harus benar-benar menggunakan dan mengembangkan Perangkat pembelajarannya. Memperbaiki segala yang terkait dengan proses pembelajaran lewat perangkatnya. jika tidak, maka kemampuan seorang guru akan stagnant (diam ditempat) bahkan mungkin menurun.

Jika sudah memiliki perangkat pembelajaran tentunya akan memudahkan kita sebagai guru dalam menyampaikan materi hanya dengan melihatnya tanpa banyak berfikir dan mengingat, Betul apa tidak?

Nah, berikut ini saya akan bagikan contoh perangkat pembelajaran bagi guru PAI di Sekolah Dasar. Kenapa saya sebut contoh? Tiap sekolah itu kan kriterianya berbeda - beda dan alat penunjangnya pun belum tentu sama dan lengkap. Maka perangkat pembelajaran pun sebisa mungkin harus kita sesuaikan dengan kondisi sekolah masing – masing.

  1. SILABUS PAI Kelas 1 sampai 6 SD semester 1 dan 2
  2. KKM
  3. PROGRAM TAHUNAN
  4. PROGRAM SEMESTER SMT 1
  5. PROGRAM SEMESTER SMT 2
  6. RPP

LIHAT JUGA: Jadwal Pelajaran SD Kurikulum 2013 edisi revisi (MTK, PJOK, dan PAI BP sudah terpisah)

Demikian artikel dari saya mengenai contoh Perangkat Pembelajaran PAI tingkat SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 Tahun ajaran 2021/2022. Semoga bermanfaat untuk bapak/ibu guru semuanya.

Silahkan bagikan postingan ini jika bermanfaat. Apabila terdapat tautan yang rusak harap beri komentar dibawah. Terima kasih.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 SELINTAS INF