Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Silabus Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Pada kesempatan ini saya akan bagikan beberapa contoh model silabus dan RPP tematik kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk semua tingkatan kelas SD/MI sederajat yang menggunakan model tematik terpadu. Silahkan unduh dibawah ini :

Pada dasarnya Silabus merupakan rencana pembelajaran jangka panjang pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus sebagai suatu rencana pembelajaran diperlukan sebab proses pembelajaran di sekolah dilaksanakan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, proses pembelajaran sendiri pada hakikatnya merupakan suatu proses yang ditata dan diatur sedemikian rupa menurut langkah-langkah tertentu agar dalam pelaksanaannya dapat mencapai hasil yang diharapkan dan kompetensi dasar dapat tercapai secara efektif.

Beberapa beberapa manfaat silabus antara lain yaitu :

  1. Pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem penilaian.
  2. Pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembelajaran secara individual.
  3. Memberikan gambaran mengenai pokok-pokok program yang akan dicapai dalam suatu mata pelajaran
  4. Sebagai ukuran dalam melakukan penilaian keberhasilan suatu program pembelajaran.
  5. Dokumentasi tertulis (witten document) sebagai akuntabilitas suatu program pembelajaran.

BACA JUGA : Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 PAI SD/MI Lengkap Tahun Ajaran 2018/2019

Prinsip pengembangan silabus (https://www.nomifrod.com/2016/08/pengertian-isi-manfaat-dan-prinsip.html):

  1. Ilmiah; Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
  2. Relevan; Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  3. Sistematis; Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Konsistensi; Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
  5. Kecukupan; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Aktual & Kontekstual; Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
  7. Fleksibel; Keseluruhan komponen silabus dapat mengako-modasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Menyeluruh; Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (Kognitif, afektif, Psikomotor) atu sesuai degan esensi mata pelajaran masing-masing.

Jika link unduhan tidak berfungsi, silahkan hubungi saya pada menu contact. Untuk cara pengunduhannya pun tidak ribed dan tidak diperulit. Saya pribadi sangat jengkel pada link - link unduhan yang mempersulit para pengunjung. Oh iya, file ini saya ambil dari berbagai sumber yang ada dimesin pencari google. Saya memposting ini hanya untuk mempermuda saja bagi para pengunjung dan tentunya untuk saya pribadi sebagai guru di Sekolah Dasar dan sebagai media penyimpanan yang murah meriah. Untuk isi file, bilamana terjadi ketidaksesuain harap tulis komentar dibawah agar bisa dikoreksi kembali.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar