Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Segera Sinkronisasi Dapodik Sebelum Tanggal 15 Juli 2018

Informasi Mengenai Jadwal Pemeliharaan Server Dapodikdasmen untuk semester I tahun ajaran 2018/2019.

Memasuki pergantian tahun ajaran 2018-2019 dimana terjadinya proses kelulusan siswa, kenaikan kelas dan penerimaan siswa baru (P2DB). Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut harus dibarengi juga dengan pemutakhiran data pada sistem pendataan siswa.

Pembaharuan aplikasi dapodik senantiasa dilakukan untuk mengakomodir kebijakan, perubahan regulasi maupun perkembangan akan kebutuhan data. Oleh karena itu, tim Setditjen Dikdasmen sedang mempersiapkan kembali rilis aplikasi terbaru yang akan diterapkan pada awal semester tahun ajaran baru 2018-2019. Namun sampai informasi ini diterima, kejelasan mengenai aplikasi tersebut belum diketahui tanggal rilisnya. Jadi para operator sekolah sering - sering saja memantau situs dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id agar tidak ketinggalan berita.

Menurut informasi yang didapat dari laman dapodikdasmen, bahwa batas akhir sinkronisasi adalah sampai dengan tanggal 15 Juli 2018. Jika melewati tanggal tersebut, server telah ditutup karena akan dilakukan pemeliharan server mulai tanggal 16 Juli 2018. Oleh sebab itu,

tugas operator sekolah untuk saat ini hanyalah melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik semester II tanpa harus mengeluarkan siswa kelas enam yang sudah lulus karena nantinya siswa yang telah lulus tersebut akan otomatis keluarkan oleh sistem.

Untuk proses kenaikan kelas, dan proses memasukkan data siswa baru Tahun Ajaran 2018/2019 dilakukan setelah versi baru dirilis"

Semoga operator ditempat saya bekerja mengetahui akan hal ini, Biasanya para operator sekolah akan melakukan input data siswa baru setelah aplikasi versi terbaru sudah siap diunduh karena khawatir data yang sudah diinput dan disinkron ternyata tidak masuk kedalam server pusat karena sudah banyak kejadian yang mengeluhkan masalah ini, capek capek input, tetapi data tidak masuk kedalam sistem kan rugi waktu rugi tenaga juga.

Source : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/persiapan-pergantian-tahun-ajaran-2018-2019

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar