Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Buku Panduan Ekstrakurikuler Kepramukaan Wajib bagi Sekolah Dasar

Buku Panduan Ekstrakurikuler Pramuka Wajib bagi Sekolah Dasar. Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang bertujuan agar peserta didik kuat dalam karakter spiritual dan sosial, mantap berkebangsaan dan berkenegaraan Indonesia, serta kokoh dalam kecakapan diri sehingga diharapakan peserta didik kelak mampu hidup ditengah-tengah masyarakat.

Merujuk pada Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti menjelaskan bahwa pembiasaan merupakan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan yang baik dalam membentuk generasi berkarakter positif. Salah satu tujuan dari penumbuhan budi pekerti antara adalah menumbuhkembangkan lingkungan dan budaya belajar yang serasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Penumbuhan budi pekerti membutuhkan pembina yang bertanggung jawab, konsisten, berkomitmen dan tangguh sehingga dapat diperoleh suatu keberhasilan dalam pelaksanaannya di sekolah. Pembina harus mempunyai metode, media dan cara berkomunikasi yang pas yang sesuai dengan pola penumbuhan budi pekerti yang diinginkan.

Ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan berbeda dengan ekstrakurikuler pramuka dan bukan pula ekstrakurikuler gerakan pramuka. Hal ini bermakna bahwa proses dalam pendidikan kepramukaan yang diperankan yaitu sebagai wahana inti penguatan nilai-nilai sikap dan keterampilan dalam Kurikulum 2013 melalui aktivitas kepramukaan, bukan mewajibkan peserta didik menjadi pramuka atau anggota gerakan pramuka.

Pendidikan Kepramukaan dinilai sangat penting untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional sebagaimana amanat Sisdiknas melalui pendidikan kepramukaan dengan ke-khas-an metodenya akan timbul rasa memiliki, saling tolong menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Oleh karenanya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan melalui tiga kemasan model yang terintegrasi, yakni model blok, aktualisasi, dan reguler dengan rambu – rambu yang telah ditentukan.


  1. Panduan Ekstrakurikuler Kepramukaan Wajib bagi Sekolah Dasar
  2. Soal lomba cerdas tangkas pramuka (LTCP) 2019

Tujuan dari buku panduan Ekstrakurikuler Pramuka ini sebagai petunjuk teknis untuk kepala sekolah, guru dan pembina pramuka dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib pada satuan pendidikan sesuai dengan tugas, fungsi, dan perannya masing-masing.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar