Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Kumpulan Administrasi Guru Kelas kurikulum 2013 Revisi 2018


Setiap kegiatan tentunya membutuhkan sebuah perencanaan, baik buruknya sebuah kegiatan salah satunya dipengaruhi olah baik-buruknya sebuah perencaan. Tanpa sebuah perencanaan, sesungguhnya kita sudah merencanakan, yakni sebuah kehancuran. Oleh karena itu perencanaan harus dibuat sebaik mungkin dengan harapan pelaksanaan kegiatan dapatberjalan dengan baik.

Kelas adalah sebuah ruangan yang terdapat dilembaga pendidikan yang merupakan wadah tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik sehingga terjadilah perubahan yang membentuk tingkah laku. Agar kegiatan belajar mengajar baik dikelas maupun diluar kelas berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah dan dilaporkan hasilnya kepada kepala sekolah yaitu berupa, administrasi kelas.

Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru di kelas adalah sebuah kegiatan besar, karena di dalamnya terjadi banyak proses transfer ilmu pengetahuan dan bimbingan dengan tujuan yang sangat jelas yaitu perubahan pengetahuan, mental dan pola pikir anak sehingga perencanaan dalam pembelajaran sangat diwajibkan.

Unduh kumpulan administrasi guru kelas kurikulum 2013
  1. Administrasi kelas kurikulum 2013 Revisi 2018 (Ms. Word)
  2. Aplikasi administrasi kelas kurikulum 2013 Revisi 2018 (Ms. Word)
  3. Administrasi Guru kelas SD Kurikulum 2013 (Ms. Word)
  4. Administrasi Guru kelas SD TA 2017/2018 (Ms. Word)
Guru adalah seorang pendidik sekaligus pengajar yang memiliki tujuan hidup yang begitu mulia yaitu mencerdaskan anak bangsa. Pada prinsipnya seorang pendidik yang professional selain memiliki tugas dan keterampilan dalam mengajar, dibutuhkan pula dokumen administrasi kelas yang berfungsi sebagai pegangan dan alat penunjang pada proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dikelas. Selain sebagai dokumen penunjang KBM, dokumen administrasi guru kelas juga dibutuhkan pada saat supervisi baik yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun oleh pengawas masing masing instansi. Berikut beberapa contoh buku administrasi Guru Kelas meliputi :
  1. Buku program kegiatan belajar yang meliputi : Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) dan agenda harian pembelajaran;
  2. Buku Absensi Siswa, yang mencakup Data siswa yang dilampiri keterangan (tanggal lahir, alamat, berat/tinggi badan, data dalam keluarga beserta hoby) dan Data orang tua siswa yang di lampiri keterangan (alamat, status pendidikan beserta pekerjaan);
  3. Data kehadiran siswa;
  4. Buku nilai yang terdiri dari : nilai per-mata Pelajaran, nilai karakteristik siswa dan nilai ekstrakulikuler;
  5. Buku mutasi siswa;
  6. Buku inventaris kelas;
  7. Buku kegiatan;
  8. Buku bimbingan dan Konseling;
  9. Buku kejadian;
  10. Buku daftar hadir tamu kelas;
  11. Buku evaluasi, yang mencakup : daftar grafik pencapaian target kurikulum, daftar grafik absen siswa dan daftar grafik taraf seraf per mata pelajaran;
  12. Buku daftar pengambilan raport per semester;
  13. Buku daftar kenaikan kelas;
  14. Buku kesehatan;
  15. Buku daftar kelas, yang mencakup : tata tertib guru, tata tertib siswa, jadwal pelajaran, jadwal regu kerja, denah tempat duduk siswa dan daftar hadir siswa perhari;
  16. Buku pegangan guru dan masih banyak lagi buku penunjang kebutuhan yang diperlukan bagi guru.

Note: Jika link unduhan diatas tidak bekerja, harap segera hubungi melalui menu kontak atau pada komentar dibawah. Terima Kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar