Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Sebaiknya Perbaiki Data Verval PTK Sebelum Terlambat

Sebelum data pokok dapodik dikunci, cara memperbaiki kesalahan – kesalahan data akibat kelalaian entri sangatlah mudah, cukup dengan mengedit data yang salah tersebut kapan pun dan dimana pun, lalu sinkron dan tunggu kurang lebih sekitar 1 x 24 jam data pun langsung berubah. Namun semenjak menu edit dan tambah PTK maupun tambah PD telah dikunci, pekerjaan ini pun menjadi beban tersendiri bagi operator sekolah.

Dapodik sendiri merupakan salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) yang memuat data satuan pendidikan seperti : peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan serta substansi pendidikan yang disebut juga sebagai entitas data yang secara terus menerus diperbaharui. Hasil dari pengumpulan data ini menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Bagi bapak/ibu guru maupun kepala sekolah, sebaiknya segera melakukan pengecekan data masing - masing supaya terhindar dari kesalahan dalam penginputan data. Jika sudah terlanjur salah input data, maka lakukanlah perbaikan secara online melalui portal Verval PTK. Mintalah bantuan kepada operator sekolah agar secepatnya diperbaiki.
Beberapa dokumen yang diperlukan saat verval data PTK diantaranya :
  1. Upload foto (file dalam bentuk JPEG/JPG);
  2. Perbaikan data master;
  3. Pada opsi perbaikan data master, dokumen yang diperlukan hanyalah KTP hasil scan yang sudah dalam bentuk JPEG/JPG.
  4. NUPTK;
  5. Permohonan atau pengajuan bagi calon penerima NUPTK, dokumen yang diperlukan diantaranya KTP, Ijazah SD, Ijazah SMP, Ijazah SMA/sederajat, Ijazah S1, SK Pengangkatan yang diterbitkan oleh Dinas dan penempatannya (untuk sekolah Negeri, sepertinya sangat sulit karena belum memiliki SK Dinas). Semua dokumen yang diperlukan untuk pengajuan NUPTK harus dalam bentuk pdf dan dibuat secara terpisah.
  6. Pada menu verval dokumen/verval arsip, dokumen yang diperlukan cukup 3 saja yaitu, KTP, Ijazah S1/D4 dan SK PNS beserta penempatannya. Seperti upload berkas NUPTK, semua file harus dalam bentuk pdf dan dibuat secara terpisah.
Perlu diperhatikan juga, mohon untuk memperbaiki data yang salahnya saja, jangan semuanya diperbaiki, cukup perbaiki salah satunya, kecuali upload foto. Untuk upload foto sendiri, gunakanlah foto yang terbaru.

Proses verval ini membutuhkan waktu dan antrian, tidak serta merta data langsung berubah begitu saja karena proses tersebut terlebih dahulu akan diverifikasi oleh admin verval. Harap bersabar.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan tentang bagaimana caranya melakukan perbaikan data dapodik yang terkunci melalui verval PTK. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar