Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Modul Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Jenjang SD Tahun Pelajaran 2018/2019

Modul pendataan calon peserta UN SD tahun pelajaran 2018/2019 serta panduan proses login kedalam sistem pendataan ujian nasional.

Seiring dengan berjalannya waktu dan kebutuhan rekap data untuk calon peserta ujian nasional yang lebih awal, serta berkembangnya teknologi yang mudah didapat, diakses dan digunakan pada lingkungan pendidikan, pusat penilaian pendidikan merasa perlu merubah tata cara dalam melakukan pendataaan yang digunakan pada sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Daring 2018 SD/MI. OLeh karena itu dibuatlah modul manual “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Online 2019” untuk mempermudah penggunaannya.

Singkatnya buku panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Daring 2019 yang khusus membahas tentang pendataan calon peserta secara online yang masih terkendala dalam penyelengaraan pendataan baik teknis maupun non-teknis.


Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah pada tahun 2019 telah mengalami perubahan untuk tercapainya kualitas data demi terwujudnya Satu Data yang mengacu kepada peraturan Pendataan Calon Peserta Ujian Sekola/Madrasah yang berlaku.

A. PERSIAPAN AWAL
Persiapan awal dalam pengentian data, ada baiknya memperhatikan spesifikasi dari komputer yang digunakan agar proses tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Minimun spesifikasi komputer/laptop yang dapat digunakan adalah pentium III atau diatasnya dengan dengan memori ram minimal sebesar 12b MB dan VGA 16 Bit (32 Mb) dengan resolusi 1024 x 800. Pastikan pada komputer/laptop sudah terinstal microsoft office, browser crome, modzila firefox atau browser sejenisnya karena proses pendataannya dalam bentuk halaman web yang tidak membutuhkan aplikasi khusus. Siapkan juga printer baik Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser).

B. MEMULAI SISTEM PENDATAAN
Sebelum melakukan proses pengentrian data siswa terlebih dahulu melakukan login ke dalam sistem. Untuk login tersebut cukup dengan memasukan username dan password yang telah diberikan.

Setelah berhasil login, selanjutnya akan diarahkan ke halaman utama yang menyajikan informasi hasil kiriman dari admin pusat dan admin provinsi.



Beberapa informasi yang perlu diperhatikan pada tampilan dari halaman utama seperti :
  1. Kolom Berita
  2. Bagian menu
  3. Bagian menu merupakan navigasi untuk menuju ke fasilitas yang ingin diaktifkan. Menu-menu yang terdapat pada aplikasi pendataan ini seperti pada gambar dibawah ini:
  4. Actions (Menu Utama)
  5. Modul Actions berisi beberapa menu diantaranya Home, Upload dan Download.
    • Dashboard
    • Menu Dashboard/Home digunakan untuk kembali ke Halaman Utama dari aplikasi Pendataan.
    • Upload dari Dapodik/Emis
    • Menu Upload merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengupload Data Siswa. Upload data cukup menggunakan file data hasil dari pendataan Dapodik (untuk jenjang SD, dengan ekstensi dz) atau dari pendataan Emis (untuk jenjang Madrasah, dengan ekstensi ez). Adapun tampilan dari Menu Upload sebagai berikut :
        Langkah-langkah mengupload data :
      1. Pilih Provinsi
      2. Pilih Kabupaten/Kota
      3. Klik Tombol Tambah
      4. Pilih Berkas yang akan di Upload
      5. Pilih Sekolah
      6. Klik tombol Upload jika berkas sudah ditambahkan.
      7. Untuk menghapus gunakan tombol Hapus
    • Download
    • Menu Download merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana untuk men-Download data. Dalam Menu Download terdapat dua pilihan yaitu Sekolah dan Siswa.
        Langkah - langkah mendownload data:
      1. a. Data Sekolah
        1. Pilih Provinsi
        2. Pilih Kabupaten/Kota
        3. Klik Tombol Download
      2. b. Data siswa
        1. Pilih Provinsi
        2. Pilih Kabupaten/Kota
        3. Pilih Mulai untuk mengatur data sekolah awal yang akan didownload
        4. Pilih Sampai untuk mengatur data sekolah terakhir yang akan didownload
        5. Klik Tombol Download
  6. Data Master
  7. Pada modul Data Master ini terdapat empat menu, yaitu Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekolah dan Siswa. Tidak semua User bisa melakukan penambahan, pengubahan dan penghapusan terhadap data master. Hanya User Pusat yang punya hak akses penuh terhadap data master.
  8. Data Peserta
    • Biodata Peserta
    • Menu Biodata Peserta merupakan fasilitas yang digunakan sebagai sarana untuk pengisian data siswa yang dimiliki oleh sekolah tertentu. Untuk menampilkan data siswa pilih Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Sekolah.
    • Generate Nomor Peserta
    • Menu Generate Nomor Peserta merupakan fasilitas yang digunakan untuk pengisian atau pembuatan nomor peserta ujian. Untuk pemberian nomor peserta wewenang hanya untuk user Provinsi.
  9. Rekap dan Laporan
  10. Modul Rekap merupakan fasilitas yang digunakan untuk melihat dan mencetak laporan. Dalam modul rekap terdapat beberapa menu diantaranya Rekap Sekolah, Siswa, Kelas dan Sampul.
  11. Kelengkapan Data
  12. Modul Kelengkapan Data digunakan untuk melihat rekap Kelengkapan Data yang sudah diupload atau dientry. Dalam Modul Kelengkapan Data terdapat beberapa menu diantaranya (Sekolah Belum Upload, Sekolah Belum Lengkap dan Siswa Belum Upload).
  13. Tools
  14. Modul Tools digunakan untuk mensetup Informasi Akun, dalam Modul Tools terdapat beberapa menu diantaranya (My Account dan Logout)
Demikianlah yang bisa saya informasikan tentang panduan login sistem pendataan siswa peserta ujian nasional (UN) jenjang SD tahun 2018/2019. Panduan ini bersumber dari Modul Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional Jenjang SD Tahun Pelajaran 2018/2019.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar