Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

(UPDATE) Kisi - Kisi USBN SD/MI 2019-2020 Versi BSNP

Apakah anda sedang mencari kisi - kisi USBN Jenjang SD/MI Tahun Pelajaran 2019-2020? Pada postingan kali ini saya akan membagikan kisi - isi USBN untuk jenjang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri dari Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika yang bisa diunduh dengan mudah.

Dengan adanya kisi - kisi USBN 2019-2020, saya harap anda dapat memberikan latihan - latihan soal kepada peserta didik sesuai dengan isi materi dari kisi - kisi USBN yang terbaru ini supaya bisa lulus dengan hasil yang memuaskan.

Berikut ini merupakan gambaran dasar dari materi soal-soal USBN SD-MI Tahun pelajaran 2019-2020:

1. Mata Pelajaran IPA

Pada mata pelajaran IPA terdapat 5 (lima) lingkup materi yang perlu dipelajari dan dipahami dalam menghadapi USBN yaitu materi tentang (1) makhluk hidup dan lingkungannya; (2) struktur dan fungsi makhluk hidup;(3) benda dan sifatnya;(4) energi dan perubahannya; (5) bumi dan alam semesta.

2. Mata Pelajaran Matematika

Pada mata pelajaran matematika (diluar tematik), materi yang akan masuk pada soal USBN tahun ini diantaranya yaitu materi tentang bilangan, geometri dan pengukuran, dan pengolahan data.

Materi tentang bilangan yakni mencakup :

  1. operasi hitung bilangan cacah;
  2. operasi hitung bilangan bulat;
  3. operasi hitung bilangan pangkat dua, pangkat tiga, akar pangkat dua dan akar pangkat tiga;
  4. KPK dan FPB;
  5. pecahan dan perbandingan.

Materi tentang geometri dan pengukuran yakni mencakup :

  1. satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, dan satuan volume;
  2. waktu, jarak, dan kecepatan;
  3. keliling dan luas segiempat, keliling dan luas lingkaran;
  4. sifat-sifat bangun datar dan sifat-sifat bangun ruang;
  5. koordinat kartesius, simetri, dan pencerminan.

Sedangkan pada materi tentang pengolahan data yaitu terdiri dari penyajian data dalam bentuk tabel ,diagram batang, dan diagram lingkaran, serta rata-rata hitung dan modus.

3. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pada pelajaran bahasa Indonesia materi yang perlu dipelajari yaitu tentang membaca sastra, membaca non-sastra, menulis terbatas, menyunting kata atau istilah (frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda baca).

Untuk lebih jelasnya silahkan anda unduh kisi - kisi lengkap USBN 2020 pada tautan yang terlampir dibawah ini:

  1. Kisi - kisi USBN IPA 2019-2020
  2. Kisi - kisi USBN Matematika 2019-2020
  3. Kisi - kisi USBN Bahasa Indonesia 2019-2020

Seperti yang kita ketahui bahwa biasanyan kisi - kisi yang digunkanan dalam USBN memakai acuan atau patokan dalam penyusunannya menggunakan materi irisan dari kurikulum 20106 (KTSP) sampai dengan kurikulum 2013 (K13).

Tambahann informasi dari saya : untuk menguduh file kisi - kisi USBN tingkat SD/MI tahun pelajaran 2019-2020 ini dengan menggunakan unduhan tautan aman. Silahkan anda ikuti instruksinya supaya tidak terjadi kekeliruan.

Jika ada yang merasa kesulitan saat mengunduh file tersebut, jangan sungkan - sungkan untuk memberitahukan admin pada menu kontak yang ada atau bisa memberikan komentar dibawah. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar