Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Aplikasi Administrasi Kelas Tahun Pelajaran 2018/2019

Pentingnya administrasi kelas bagi guru yang merupakan senjata dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.


Untuk memudahkan dalam penyusunan administrasi kelas, bersama ini saya akan membagikan beberapa aplikasi administrasi guru kelas untuk jenjang SD dan aplikasi administrasi wali kelas untuk jenjang diatasnya.

Adapun aplikasi ini dibuat dengan menggunakan format microsoft excel yang tentunya cukup mudah untuk digunakan. Sedangkan isi yang terkandung didalamnya uterdiri dari 10 sheet tabs.

Sheet yang pertama adalah isian data siswa yang terdiri dari:
  1. Nomor Induk
  2. Nama Peserta Didik
  3. Jenis Kelamin
  4. Tempat dan Tanggal Lahir Peserta Didik
  5. Nama Orang Tua / Wali
  6. Pekerjaan Ortu/Wali Murid
  7. Alamat Ortu/Wali Peserta Didik
  8. Nomor Telepon dan kolom keterangan

Lihat juga :
  1. Kumpulan Administrasi Guru Kelas kurikulum 2013 Revisi 2018
  2. Format Evaluasi Diri KKG PAI

Sheet yang kedua dan selanjutnya merupakan isian jadwal pelajaran, isian jadwal piket peserta didik, isian tentang struktur organisasi kelas, isian Denah tempat duduk, isian Daftar inventaris kelas, isian diagram absen, isian laporan bulanan, isian keadaan siswa dan yang terakhir adalah isian prestasi peserta didik.

Dari pada penasaran seperti apa bentuk formatnya, langsung saja unduh dibawah ini :
  1. Unduh Administrasi Guru Kelas SD
  2. Unduh Administrasi Wali Kelas SMP
  3. Unduh Administrasi Wali Kelas SMA
  4. Unduh Administrasi Wali Kelas SMK
Tugas pokok dan fungsi utama guru adalah mengelola proses belajar-mengajar (KBM) dalam suatu lingkungan tertentu, yaitu sekolah. Sekolah merupakan subsystem pendidikan nasional, selain itu system pendidikan nasional juga memiliki komponen-komponen lainnya. Seorang guru haruslah bisa memahami apa yang terjadi dilingkungan kerjanya.

Di sekolah guru berada dalam kegiatan administrasi sekolah, sekolah melaksanakan kegiatannya untuk menghasilkan lulusan yang jumlah serta mutunya telah ditetapkan. Dalam lingkup administrasi sekolah itu peranan guru amatlah penting.

Dalam upaya menetapkan kebijaksanaan serta melaksanakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pembiayaan dan penilaian kegiatan kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, personalia sekolah, keuangan dan hubungan sekolah-masyarakat, guru harus aktif memberikan sumbangan, baik pikiran maupun tenaganya.

Bagi guru, keberadaan administrasi mengajar merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki guru. Bagi guru kelengkapan administrasi mengajar tersebut merupakan senjata guna melaksanakan tugas dan kewajibannya. Administrasi sendiri berarti usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembina organisasi. Jadi dalam hal ini administrasi mengajar adalah seperangkat kelengkapan yang telah ditetapkan guna mengajar.

Demikian ulasan singkat yang bisa saya terangkan, semoga bermanfaat dan menjadi sumber pengetahuan bagi seorang guru secara khusus dan bagi para pembaca secara umumnya. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar