Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Administrasi Ujian Praktek SD Kelas 6

Kelengkapan dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melaksanakan ujian praktek SD/MI.

Ujian Praktek SD/MI Kelas 6. Tujuan diaksanakannya ujian praktek di sekolah ialah untuk mengukur dan/atau menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran selama kegiatan pembelajaran disekolah, mengukur dan/atau menilai sudah sejauh mana target kurikulum dapat dicapai, memenuhi salah satu syarat kriteria kelulusan, dan dapat dijadikan umpan balik atau refleksi kegiatan belajar mengajar sehingga dapat memperbaiki kegiatan KBMr secara metodologis maupun teknis bagi guru.

Berikut ini kami informasikan mengenai dokumen apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan melaksanakan ujian prakek, diantaranya yaitu :

  1. Kurikulum;
  2. Kisi - kisi;
  3. Kartu soal;
  4. Format dan aspek yang akan dinilai;
  5. Rubrik penilaian; dan
  6. Daftar nilai keseluruhan.

1. Kurikulum
Diambil dari Permenag Nomor 2 Tahun 2008 untuk PAI dan Mata Pelajaran Umum Permendikbud Tahun 2016 harus dilampirkan dan/atau terlampir.

2. Kisi - kisi
Contoh format penulisan kisi - kisi soal terdiri dari nomor urut, kompetensi inti, kompetensi dasar, kelas/semester, materi pokok, indikator soal, level kognitif dan nomor soal.


Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc dikeyboard untuk kembali.

3. Kartu Soal
Kartu soal terdiri dari kompetensi inti, kompetensi dasar, materi, indiktor soal, nomor soal, kunci jawaban, buku sumber, dan rumusan butir soal. Perhatikan gambar berikut :


Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc dikeyboard untuk kembali.

Untuk melihat contoh Format dan aspek yang akan dinilai, Rubrik penilaian, dan daftar nilai keseluruhan, langsung saja bapak/ibu unduh pada kolom dibawah yang telah kami sediakan.

Fungsi selenggarakannya ujian praktek antara lain :

  1. Bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu sekolah,
  2. Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran di sekolah,
  3. Alat pengendali mutu pendidikan, dan
  4. Pendorong peningkatan mutu pendidikan pada.

Demikian yang dapat kami informasikan mengenai dokumen apa saja yang harus disiapkan saat sebelum pelaksanaan ujian praktek di Sekolah Dasar SD/MI, semoga bermanfaat.

Sumber: Pengawas Madrasah Kabupaten Sumedang

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar