Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Soft copy silabus pembelajaran tematik terpadu untuk kelas 4 SD/MI sederajat yang sudah menerapkan kurikulum 2013 revisi 2017 semester 1 dan semester 2.

Pada prinsipnya pengembangan silabus sepenuhnya diserahkan kepada satuan pendidikan khususnya bagi sekolah - sekolah yang sudah mampu mengembangkannya. Oleh sebab itu, tiap - tiap satuan pendidikan diberikan kebebasan dalam mengembangkan silabusnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Menurut kurikulum 2013, silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dan/atau tema yang menyangkut standar kompetensi, komptenensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, alokasi waktu, dan sumber/media ajar.

Untuk itu, bagi anda yang belum memiliki perangkat pembelajaran silabus kelas 4 kurikulum 2013 revisi 2017, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu contoh silabus yang saya bagikan dibawah ini. Contoh silabus tersebut merupakan pengembangan dari kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

  1. Silabus tematik terpadu tema 1 indahnya kebersamaan;
  2. Silabus tematik terpadu tema 2 selalu berhemat energi;
  3. Silabus tematik terpadu tema 3 peduli terhadap makhluk hidup;
  4. Silabus tematik terpadu tema 4 berbagai pekerjaan;
  5. Silabus tematik terpadu tema 5 pahkawanku;
  6. Silabus tematik terpadu tema 6 cita - citaku;
  7. Silabus tematik terpadu tema 7 indahnya keragaman dinegeriku;
  8. Silabus tematik terpadu tema 8 Daerah tempat tinggalku;
  9. Silabus tematik terpadu tema 9 kayanya negeriku;

Mengutip dari blog.ruangguru.com dalam menentukan materi pembelajaran, setidaknya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan silabus seperti :

  1. Potensi dari peserta didik;
  2. Menyesuaikan dengan karakteristik daerah;
  3. Tingkat perkembangan fisik peserta didik, tingkat intelektual peserta didik, tingkat emosional peserta didik, tingkat sosial peserta didik, dan tingkat spiritual peserta didik;
  4. Memiliki manfaat bagi siswa/siswi tersebut;
  5. Struktur keilmuan;
  6. Aktualitas, kedalaman, dan keluasan dari materi pembelajaran;
  7. Menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; serta
  8. Alokasi waktu.

Kurang lebih seperti itulan point - point penting yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan silabus yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan dalam mengajar dikelas.

Demikian yang dapat diinformasikan mengenai Silabus Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga silabus ini menjadi bermanfaat dan dapat mempermudah dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang lainnya. Terima kasih

NOTE:
Terakhir diperbaharui pada tanggal 22 Juni 2019.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar