Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Buku Agenda Kegiatan Siswa Di Bulan Ramadhan

Pada pelaksanaan pesantren ramadhan di bulan yang suci ini khususnya bagi siswa Sekolah Dasar, pihak sekolah akan memberikan satu buah buku yang disebut dengan buku agenda kegiatan ramadhan untuk diisi oleh siswa.

Buku agenda ini akan diberikan kepada siswa secara cuma - cuma jika sebelumnya sekolah sudah menganggarkan belanja cetak buku pesantren ramadhan dari anggaran BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Apabila tidak dianggarkan kemungkinan buku - buku tersebut akan berbayar alias tidak gratis setelah mendapat persetujuan dari komite sekolah dan orang tua/wali siswa dalam rapat.

Materi apa saja yang terdapat pada buku agenda Ramadhan?

Contoh materi kegiatan yang terdapat pada buku agenda siswa di bulan ramadhan yang diajarkan oleh guru atau penceramah selama pesantren ramadhan berlangsung antara lain meliputi:

  1. Pengertian, syarat dan rukun puasa;
  2. Shalat Idul Fitri;
  3. Hafalan doa sehari - hari;
  4. Hafalan surat pendek Al - Quran; dan
  5. Tabel Evaluasi harian siswa selama bulan ramadhan.

A. Pengertian, syarat dan rukun puasa

Pada materi pengertian, syarat dan rukun puasa, guru/penceramah akan membahas tentang apa itu puasa? syarat wajib puasa, rukun puasa, syarat sah puasa, sunat berpuasa, perkara makruh ketika berpuasa, hal - hal yang dapat membatalkan puasa, hari yang disunatkan untuk berpuasa dan hari yang diharamkan untuk berpuasa.

B. Shalat Idul Fitri

Guru akan mengajarkan siswa tentang tata cara pelaksanaan sholat idul fitri yang benar mulai dari awal sampai dengan selesai.

C. Hafalan doa sehari - hari

Umumnya hafalan - hafalan doa yang diajrkan kepada siswa saat mengikuti pesantren ramadhan yaitu:

  1. Doa sebelum tidur dan doa sesudah bangun tidur;
  2. Doa masuk WC dan doa setelah keluar WC;
  3. Doa ketika hendak berpakain;
  4. Doa ketika bercermin;
  5. Doa sebelum makan dan sesudah makan;
  6. Doa masuk rumah dan doa ketika akan keluar rumah; serta
  7. Doa masuk masjid dan ketika keluar masjid.

D. Hafalan surat pendek Al - Quran

Guru akan memberikan tugas untuk menghafal surat - surat pendek yang ada pada Al - Quran seperti Surat An–Naas, Surat Al-Falaq, Surat Al-Ikhlash, Surat Al-Lahab, Surat An-Nashr, dan surat - surat pendek lainnya.

Tugas hafalan dapat dilakukan secara berkelompok maupun perorangan.

E. Tabel Evaluasi harian siswa selama bulan ramadhan

Siswa diberikan tugas dalam format tabel harian dengan memberikan tanda ceklist atau tanda contreng pada kegiatan yang telah ditentukan untuk kemudian diparaf oleh orangtua/wali dan guru.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai agenda kegiatan siswa dibulan suci ramadhan pada kegiatan pesantren ramadhan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar