Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk SD/MI

Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran yang antar komponen tersebut dapat saling terkait antara satu dengan yang lainnya.

Sehubungan dengan banyaknya keluhan para pendidik terkait dengan penerapan kuriklum, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar telah mengeluarkan buku panduan penilaian yang dikhususkan untuk Sekolah Dasar yang disekolahnya sudah menggunakan kurikulum 2013.

Seharusnya buku penilaian K13 ini sudah bisa digunakan pada tahun pelajaran 2018/2019 semester 2, apabila anda belum mendapatkan informasi atau belum memiliki buku panduan penilaian kurikulum 2013 ini, anda dapat memperolehnya disini yang sebentar lagi akan saya bagikan link unduhannya.

Namun sebelum saya bagikan, ada baiknya anda mengetahui daftar isinya terlebih dahulu (budayakan literasi, jangan cuma anak didik saja yang diharusnya literasi).

BACA JUGA : Modul Penyusunan Soal HOTS dan Buku Pegangan Penilalain HOTS

Buku panduan penilaian K13 edisi revisi 2018 yang akan anda dapatkan terdiri dari atas 4 (empat) bab. Dengan membaca buku panduan ini, anda akan mendapatkan informasi mengenai konsep penilaian, penilaian oleh satuan pendidikan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan penilaian oleh pendidik, serta pemanfaatan dan tindak lanjut hasil penilaian oleh pendidik.

Menurut buku panduan penilain Kurikulum 2013 dalam pendekatan penilaian, berdasarkan fungsinya, penilaian dapat dibedakan menjadi dua kategori kelompok anta penilaian formatif dan penilaian sumatif. Penilaian formatif berfungsi sebagai umpan balik terhadap kemajuan peserta didik dan penilaian formatif berfungsi untuk menilain pencapaian siswa pada periode tertentu.

DOWNLOAD
Pedoman Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk SD/MI

Pada perkembangan terakhir penilaian dibedakan dalam 3 (tiga) Kategori kelompok, yakni assessment of learning (penilaian terhadap apa yang telah dicapai peserta didik), assessment for learning (penilaian untuk mengidentifikasi kesulitan yang mungkin dihadapi peserta dan menemukan cara atau strategi untuk membantu peserta didik sehingga lebih mudah memahami dan membuat pembelajaran menjadi efektif), dan assessment as learning (sumatif dan formatif).

Oleh karena perbedaan fungsi penilaian seperti yang telah diutaran pada paragraf 8 dana paragraf 9, maka metode penilaian yang digunakan pun akan berbeda.

Lebih lanjut mengenai panduan penilaian kurikulum 2013 revisi 2018, langsung saja diunduh buku panduannya agar dapat tersimpan pada perangkat yang anda gunakan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar