Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Ini Dia Cara Mengetahui Nilai UN SMP/SMA/SMK Tahun 2019

Cara mengetahui nilai rata - raja UN (Ujian Nasional) pada satuan pendidikan SMP/SMA/SMK dan sederajat secara online.

Semenjak adanya internet, informasi apapun yang anda butuhkan akan tersedia dengan cepat seperti pada informasi mengenai nilai UN yang ternyata bisa anda dapatkan secara daring.


Sesuai dengan tema diatas yakni cara mengetahui hail UN tahun pelajaran 2018/2029 baik itu UNBK maupun UNKP pada satuan pendidikan SMP/SMA/SMA dan sederajat bisa anda dapatkan melalui informasi online pada laman puspendik.kemdikbud.go.id/.

Dari informasi laman tersebut anda akan mengetahui nilai rata - rata UN tiap mata pelajaran yang diujikan tiap - tiap capaian wilayah dan satuan pendidikan, ini berarti yang nantinya anda dapatkan bukan nilai individu maupun peserta didik mana saja yang lulus, akan tetapi hanya nilai rata - ratanya saja antara nilai terendah dan nilai tertinggi.

Secara garis besar, informasi yang tertera pada laman puspendik.kemdikbud.go.id/ tentunya sangat berguna sekali bagi pendidik maupun para pemangku kepentingan yang difungsikan untuk menganalisis hasil ujian nasional seperti halnya untuk mengetahui cakupan materi apa saja yang telah dikuasai oleh peserta didik.

Pertanyaan mungkian yang akan ditanya ialah bagaimana cara mengaksesnya? Bagi yang sudah hafal dengan internet, saya rasa sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Namun bagi anda yang masih awam tentunya ini cukup menyulitkan.

Untuk dapat mengetahui nilai rata - rata ujian nasional (UNBK/UNKP), silahkan anda kunjungi tautan https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasilun/, setelah anda mengunjungi tautan tadi, maka anda akan diarahkan pada halaman beranda atau dashboard pada aplikasi analisis UN yang berbasis web.

Pada bagian beranda ini, terdapat 5 (lima) opsi yang bisa anda pilih seperti pada opsi Grafik capaian nasional, capaian wilayah & satuan pendidikan, penguasaan materi ujian nasional, daftar nilai wilayah & satuan pendidikan, dan yang terakhir ialah opsi soal rilis. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Klik gambar untuk memperbesar, klik tombol Esc pada keyboard untuk kembali.

Untuk opsi yang lainnya silahkan anda arahkan mouse pointer anda dari kelima pilihan yang terdapat pada beranda aplikasi analisis UN pada satuan pendidikan SMP/SMA/SMK dan sederajat. Jangan lupa juga berikan tanda checklist pada masing - masing item yang anda ingin lihat hasilnya.

Bagaimana? apakah cukup mudah untuk dipahami?

Oh iya, dengan adanya aplikasi analisis ini, dapat dimanfaatkan oleh Ditjen Dikdasmen untuk memberikan bimbingan pada satuan pendidikan yang hasil UN-nya belum optimal.

Demikian yang dapat saya informasikan mengenai tata cara mengetahui hasil UNBK maupaun UNKP tahun 2019 pada satuan pendidikan SD/SMP/SMA/SMK dan sederajat. semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar