Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Kumpulan Materi MPLS Tahun 2019/2020 pada Satuan Pendidikan SD/SMP/SMA/SMK

Apa saja materi - materi yang bisa diberikan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru?

Siswa baru, Jika dahulu pada awal permulaan masuk sekolah biasanya akan selenggarakan suatu kegiatan yang bernama Masa Orientasi Siswa. Namun semenjak diterbitkannya Permendikbud nomor 18 tahun 2016, Sebutan dari MOS atau Masa Orientasi Baru yang kini berubah nama menjadi Masa Pengenalan LIngkungan Sekolah (MPLS).

Kenapa sebutan dari kata MOS berubah menjadi MPLS? Ternyata usut punya usut, pergantian nama tersebut untuk menghilangkan kekhawatiran masyarakat mengenai seramnya masa orientasi siswa di sekolah seperti yang ramai diberitakan mengenai perpeloncoan siswa baru oleh kakak kelas.

Akibat dari kekhawatiran masyarakat mengenai seramnya masa orientasi ini, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah secara resmi telah mengeluarkan surat edaran tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang berisikan tentang larangan - larangan selama kegiatan PLS berlangsung.

LIHAT JUGA :
SE Nomor 5 Tahun 2019 tentang Kegiatan Penumbuhan Wawasan Kebangsaan dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Disamping itu, dalam pelaksanaan PLS harus berpedoman pada Permendikbud nomor 18 Tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

A. Contoh materi MPLS tahun pelajaran 2019/2020

Dibawah ini merupakan contoh - contoh materi pada kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru yang mungkin dapat anda jadikan sebagai referensi untuk mengisi kegiatan tersebut.

  1. Wawasan wiyata mandala
  2. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
  3. Kepramukaan
  4. Belajar efektif
  5. Pembinaan Mental Agama Di Sekolah
  6. Pendidikan Karakter
  7. Pengenalan Kurikulum 2013
  8. Tata krama siswa

B. Manfaat Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

Dengan adanya kegiatan pengenalan lingkungan, diharapkan dapat membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, manfaat lain dari kegiaatan PLS bagi siswa antara lain :

  1. Dapat menggali potensi siswa;
  2. Dapat menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif;
  3. Dapat mengembangkan interaksi positif sesama siswa/i dan warga sekolah lainnya; dan
  4. Dapat menumbuhkan sikap positif seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

Kurang lebih seperti itulah uraian singkat dari saya mengenai manfaat dari kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah, untuk contoh materi kegiatannya bisa anda unduh pada link diatas. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar