Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Ayo Ikuti Lomba MembaTIK 2019 dengan Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah

MembaTIK yang dimaksudkan disini bukanlah perlombaan membuat batik kerajinan, akan tetapi suatu perlombaan dibidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dalam membuat media pembelajaran/bahan belajar berbasis TIK yang menarik, kreatif dan interaktif yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah.

Jika anda memiliki banyak ide atau inovasi dalam membuat bahan ajar dan menguasai TIK, mungkin ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan karya anda ke publik. Disamping itu, apabila anda terpilih menjadi pemenang, tentunya anda akan mendapatkan hadiah dengan nominal bisa menjacapai jutaan rupiah dan penghargaan dari Pustekkom (menarik bukan?).

Siapa saja yang bisa ikut dalam perlombaan membaTIK ini?

Berdasarkan yang saya kutip dari laman https://membatik.kemdikbud.go.id/beranda/syarat, kriteria dari peserta yang dapat mengikuti perlombaan membaTIK di tahun 2019 ini terbagi dalam 3 (tiga) kriteria, yakni:

  1. Guru PNS dan Non PNS semua jenjang, jenis, dan jalur pendidikan;
  2. Siswa semua jenjang, jenis, dan jalur pendidikan baik formal maupun non formal; dan
  3. Umum, dengan syarat utama merupakan Warga Negara Indonesia baik perseorangan maupun dalam kelompok (komunitas).

Itu berarti artinya semua dapat mengikuti lomba jika memiliki salah satu kriteria yang telah saya sebutkan seperti diatas.

1. Kategori lomba membaTIK 2019

Terdapat 4 (empat) kategori lomba yang akan dilombakan pada ajang kali ini yakni mulai dari kategori video pembelajaran, multi media interaktif, game edukatif, dan kategori augmented reality.

Dari keempat kategori lomba tersebut, untuk kategori video pembelajaran harus menyiapkan video dengan format MP4, sedangkan untuk kategori multi media interaktif dan game edukatif dengan format file berupa html dan game berupa html, serta pada kategori augmented reality dengan format AR/VR berupa apk.

2. Jadwal acara dan rangkaian kegiatan lomba membaTIK

Pada ajang perlombaan membaTIK Kemdikbud 2019 akan berlangsung di seluruh Indonesia, mulai dari tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 31 Agustus 2019 untuk memulai pendaftaran dan unggah karya lomba melalui laman http://membatik.kemdikbud.go.id.

File hasil karya yang sudah terkirim akan diseleksi oleh Juri sesuai dengan persyaratan yang diberikan mulai tanggal 1 September sampai dengan tanggal 31 September 2019.

Nominasi karya mulai tanggal 1 Oktober sampai dengan tanggal 31 Oktober 2019, terseleksi 32 nominasi karya terbaik untuk diundang ke Jakarta. Sedangkan pengumuman pemenang perkategori akan diumumkan pada bulan November di Anugerah Ki Hajar 2019.

Ada sebanyak 200 karya yang layak untuk diunggah ke Rumah Belajar (diluar pemenang) nantinya akan mendapatkan penghargaan dari Pustekkom.

Lebih jelas mengenai hadiah apa saja yang akan diterima oleh pemenang lomba, anda dapat mengunjunginya pada halaman resmi https://membatik.kemdikbud.go.id.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar