Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Contoh Surat Permohonan Pindah Sekolah


Bagi satuan pendidikan yang lokasinya diperkampungan, mungkin tidak begitu diperlukan atau jarang sekali pihak sekolah meminta dibuatkan surat permohonan pindah sekolah dari orangtua/wali siswa karena biasanya apabila si anak pindah sekolah, orantua dari si anak tersebut akan langsung mendatangi lokasi sekolah tujuan.

Untuk wilah sekolah yang berada di daerah perkotaan, mungkin akan berbeda dengan sekolah yang berada di perkampungan yang mana surat mutasi akan sangat diperlukan oleh pihak sekolah untuk dijadikan sebagai arsip apabila sewaktu - waktu dokumen tersebut diperlukan.

Jujur saja ditempat saya mengajar pun jarang sekali ada orangtua siswa yang mutasi dari sekolah A ke sekolah B dengan menyertakan surat permohonan pindah sekolah yang dibuat oleh orangtua siswa. Biasanya yang dibawa hanya dokumen surat pindah yang dibuat oleh sekolah awal yang terdapat diaplikasi dapodik yang menyatakan bahwa siswa tersebut telah dikeluarkan dari aplikasi dapodik agar sekolah tujuan bisa dengan mudah menarik siswa secara online.

Nah, bagi anda sebagai orangtua apabila ingin memutasikan anak sebaiknya membuat surat permohonan pindah sekolah agar pihak sekolah memiliki arsip yang lengkap. Selain surat permohonan yang telah saya jelaskan, penting juga untuk melampirkan dokumen pendukung lainnya seperti melapirkan Karu Keluarga ayah ibu, KTP ayah ibu, AKta lahir, Buku rapor dan KIP (Kartu Indonesia Pintar) jika ada. Hal tersebut penting untuk memudahkan operator sekolah dalam melengkapi data siwa kedalam aplikasi dapodik.

DOWNLOAD
Surat mutasi siswa dari orangtua/wali siswa

Apabila anda memerlukan contoh dari isi surat permohonan pindah sekolah/mutasi, anda dapat mengunduhnya pada tombol unduhan yang telah saya lampirkan diatas. Contoh surat permohonan tersebut dibuat dengan menggunakan microsoft word 2010 yang dapat anda edit kembali isinya.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai contoh permohonan surat pindah/mutasi yang dibuat oleh orangtua/wali siswa. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar