Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Contoh Surat Rekomendasi Bagi Calon Peserta Didik Usia Kurang dari 6 Tahun

Pendaftaran PPDB pada satuan pendidikan sekolah dasar (SD/MI) yang dilakukan secara offline tepatnya akan dilaksanakan mulai tanggal 01 Juli 2019 sampai dengan 05 Juli 2019.

Bersamaan dengan informasi tersebut barangkali diantara anda masih bingung mengenai syarat apa saja yang diperlukan untuk menerima siswa dengan usia dibawah 6 tahun atau lebih jelasnya 05 tahun 6 bulan tepat pada tanggal 01 Juli tahun berjalan yang diperuntukan bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis.

Berdasarkan Permendikbud nomor 51 tahun 2018, bagi calon peserta didik yang berusia dibawah 6 tahun yang memiliki potensi kecerdasan yang mana orangtua/wali dari anak tersebut ingin segera menyekolahkan anaknya ke sekolah dasar, maka syarat yang diperluka yaitu adanya bukti dari surat rekomendasi secara tertulis dari psikolog profesional.

Apabila surat rekomendasi psikolog tidak tersedia, maka jalan satu - satunya yaitu membuat surat rekomendasi yang dilakukan oleh dewan guru Sekolah.

Seperti apa contoh dari isi surat rekomendasi bagi calon peserta didik dengan usia kurang dari 6 tahun?

Secara sederhana dan berdasar kesimpulan saya mengenai isi yang tertulis dalam surat rekomendasi tersebut menjelaskan bahwa memang bahwa si anak memiliki kecerdasan yang cukup baik diusianya walaupun usianya belum genap 6 tahun pada tahun berjalan. Kemudian surat tersebut tidak lupa untuk ditanda tangai oleh orangtua/wali, panitia PPDB, dewan guru, dan Kepala sekolah. Lebih spesifik mengenai contoh suratnya, anda dapat mengunduh filenya dibawah ini :

DOWNLOAD
Download Surat Rekomendasi Calon Peserta Didik Usia 6 Tahun Kurang

Contoh surat diatas dibuat dengan format Microsoft Word versi 2010 sehingga memudahkan anda untuk melakukan pengeditan tanpa harus menyalinnya dari awal. Bagi yang menggunakan office versi dibawahnya kemungkinan akan berantakan, oleh sebab itu sebaiknya gunakan office veris 2010 atau versi yang lebih tinggi lagi.

Demikian yang dapat saya bagikan mengenai contoh dari isi surat rekomendasi calon peserta didik usia kurang dari 6 tahun. Semoga bermanfaat.

Bagi sekolah yang berlokasi diwilayah perkotaan mungkin jarang menerima siswa dibawah 6 tahun, tapi sekolah yang terletak diperkampungan masih terdapat orangtua dari siswa yang tetap menyekolahkan anaknya walau usianya belum genap 6 tahun dan tentunya surat rekomendasi ini sangatlah penting bilamana sewaktu - waktu diperlukan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar