Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Cara Verval Data Mapel di SIM PKB (Login SIM PKB)

Bagi para pendidik yang pernah ikut UKG atau sudah memilliki nomor UKG sebaiknya segera periksa akun anda masing - masing untuk memperbaharui data mapel PKP (Verval PKP) dengan cara isi mata pelajaran sekarang apakah guru kelas tinggi, guru kelas rendah, guru pendidikan agama dan BP, PJOK, bahasa dan mapel lainnya.

Hayo siapa diantara anda yang selalu meminta bantuan operator sekolah dalam hal pemutakhiran data guru? apakah anda sudah mendapatkan informasi mengenai perintah untuk menyesuaikan mata pelajaran di aplikasi SIM PKB? jika belum, kemungkinan para ops sekolah jarang membuka SIM PKB atau memang sedang memiliki banyak kerjaan yang belum terselesaikan.

Seharusnya untuk urusan yang berhubungan dengan SIM PKB ini jangan selalu melempar tugas ke ops sekolah karena ini bukan tugasnya. Setiap guru kan sudah diberi akun untuk login secara mandiri, seharusnya andalah yang aktif untuk selalu memantau akun anda (kecuali ada beberapa hal yang memang harus dikerjakan oleh operator sekolah).

Jika anda sering memantau akun anda di SIM PKB pastinya sudah tahu kalau diakun anda itu akan ada notifikasi untuk melakukan pembaharuan data perihal penyesuaian mata pelajaran dengan kondisi anda yang serang. Sebagai contoh, saya adalah guru kelas SD yang mengajar di kelas atas (kelas 4, kelas 5, atau kelas 6 SD), maka saya harus memiliki opsi Guru Kelas Tinggi. Apabila anda mengajar dikelas 1, kelas 2, atau kelas 3, anda harus memilih opsi Guru Kelas Rendah.

Selain kelas tinggi dan kelas rendah, bagi anda yang ditugasi sebagai guru mapel sebaiknya pilih yang sesuai dengan tugas anda yang sekarang, apakah itu sebagai guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, SBdP, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Sunda, Bahasa Indonesia, Bahasa Bali, Bimbingan Konseling, PJOK, atau sebagai guru PKN.

A. Lupa Nomor UKG/Akun SIM PKB

Kemungkinan terbesar anda tidak dapat mengakses atau tidak bisa login ke SIM PKB sudah dipastikan anda lupa dengan username dan kata sandi anda sendiri. Solusinya apabila anda lupa username, namun masih ingat dengan kata sandinya, anda dapat menemukan username dalam bentuk nomor UKG melalui menu Cari No. UKG dihalaman https://app.simpkb.id/akun/registrasi.

Tidak tahu cara mencari nomor UKG? mari simak langkah - langkahnya seperti berikut ini:

  1. Buka halaman app.simpkb.id/akun/registrasi. Pada halaman tersebut anda akan menemukan menu Cari No. UKG yang terletak disudut bawah bagian kanan. Tekan menu tersebut.
  2. Tuliskan nama anda pada kolom Nama GTK/No, Peserta UKG, pilih nama provinsi dan Kab/Kota pada masing - masing kolom yang tertera. Apabila semuanya sudah diisi, tekan tombol Cari GTK. Jika nama anda benar, maka akan keluar data GTK anda disertai dengan nomor peserta UKG. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Namun apabila anda lupa dengan kata sandi (Password) dari akun SIM PKB anda sendiri, sebaiknya korrdinasi dengan admin SIM PKB digugus anda masing - masing untuk dilakukan reset kata sandi tersebut. Jika sudah direset, catat baik - baik kata sandi beserta nomor UKG tersebut (jangan sampai hilang lagi).

B. Cara Isi Data Mapel di SIM PKB (Login SIM PKB)

Setelah anda mendapatkan username dan password yang sebelumnya telah di reset oleh admin SIM PKB, selanjutnya buka halaman SIM PKB. Tuliskan username anda pada kolom email dan password SIM PKB anda pada kolom kata sandi.

Kolom email yang saya maksudkan yaitu tulis dengan nomor UKG anda, lalu tambahkan dengan @guruku.id. Contoh nomor UKG saya adalah 201500852133, kemudian digabung dengan @guruku.id menjadi 201500852133@guruku.id.

Perhatikan gambar berikut :

Jangan lupa tekan tombol SIMPAN setelah anda berhasil mengisi mapel peningkatan kompetensi pembelajaran (PKP) melalui aplikasi SIM PKB. Sampai disini saya anggap anda sudah mengerti. Apabila ada pertanyaa, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih.

C. Cara Edit Mata Pelajaran Akun SIM PKB

Apabila anda mengalami kendala kesalahan input mapel PKP yang seharusnya guru kelas tinggi, tetapi malah terinput guru kelas rendah atau yang lainnya yang disebabkan oleh human error. Anda dapat melakukan perbaikan kembali dengan cara login seperti biasa melalui akun anda, kemudian klik ikon pensil (edit data). Selanjutnya perbaharui mata pelajaran yang sesuai dengan sekarang (sesuai di SKBM), simpan dan cetak bukti pengajuan edit mata pelajaran tersebut.

Langkah berikutnya setelah anda mencetak bukti pengajuan edit mapel PKP, tanda tangani surat pengajuan tersebut oleh anda dan oleh kepala sekolah untuk diserahkan ke operator komunitas PKB gugus masing - masing supaya cepat dirubah.

Semua cara pengisian data mata pelajaran (Mapel) PKP di SIM PKB bisa anda kerjakan melalui laptop maupun HP smartphone anda. Jadi sudah tidak ada alasan untuk meminta bantuan operator sekolah lagi ya!

Apabila mengalami kesulitan, anda bisa memberitahukan saya melalui kolom komentar. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar