Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013, KI KD Informatika SMP dan SMA

Pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013 membantu para pemangku kepentingan dalam memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah yang dilengkapi dengan KI KD Informatika SMP dan SMA dan surat edaran kesiapan dalam menerapkan mapel informatika tahun pelajaran 2019/2020.

Dizaman milenial seperti sekarang ini pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kurikulum 2013 biasa digunakan sebagai media dalam pembelajaran yang terintegrasi kesemua mata pelajaran. Oleh karenanya para pendidik diharapkan dapat memahami dana menerapkan TIK dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Pemanfaatan TIK sendiri dalam pembelajaran sebetulnya sudah diatur dalam Permendikbud 45 Tahun 2015 atas Perubahan Atas Peraturan Menteri Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014 dalam Implementasi Kurikulum 2013 untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran, memberikan layanan atau fasilitasi kepada sesama guru untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dan memberikan layanan kepada tenaga kependidikan untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Namun seiring dengan dunia global yang telah memasuki era revolusi industri generasi keempat, dimana era tersebut dalam kehidupan sehari-hari yang kini mulai bersentuhan dengan dunia virtual di mana masyarakat hidup di dunia nyata dan sekaligus di dunia digital. Agar tidak tertinggal, maka sistem pendidikan Indonesia perlu memberikan Informatika sebagai dasar-dasar pengetahuan dan kompetensi yang dapat membentuk manusia Indonesia menjadi insan yang cerdas dan memiliki daya saing secara regional maupun secara global.

Berikut ini merupakan beberapa pemikiran yang melandasi pentingnya Informatika untuk diajarkan kepada peserta didik, yakni anatara lain :

  1. Dapat berperan serta secara aktif dan menguasai konsep dasar informatika;
  2. Pemahaman konsep Informatika yang baik akan membuat peserta didik mampu memanfaatkan sistem komputer dengan baik serta dapat memberikan solusi persoalan apabila terdapat suatu sistem tak berjalan sebagaimana mestinya;
  3. Menjadi warga dunia digital yang mampu berpikir komputasional sehingga mampu untuk memahami secara rasional mengenai isu-isu terkait, seperti hak kekayaan intelektual perangkat lunak, dan lain - lain; dan
  4. Adanya standar dan framework kurikulum Informatika yang sudah dirilis dan diimplementasikan oleh negara maju.

Salah satu tujuan dibuatknya buku pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013 terbaru ini yaitu agar dapat membantu para pemangku kepentingan dalam memahami pengertian, ruang lingkup, dan kedudukan Informatika pada pendidikan dasar dan menengah. Lebih jelasnya anda dapat meyimpan file-nya secara langsung yang dapat anda unduh dibawah ini yang disertai juga dengan KI KD Mapel Informatika SMP SMA beserta surat edaran nomor 5901 tentang kesiapan sekolah SMP dan SMA dalam menerapkan informatika sebagai mata pelajaran di tahun ajaran 2019/2020 :

  1. Pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013
  2. KI KD Informatika SMP dan SMA
  3. Surat Edaran

Mungkin diantara anda sekalian ada yang pernah terpikirkan mengenai apa perbedaan antara TIK dan Informatika? Mata pelajaran Informatika merupakan perluasan dan pendalaman dari pada muatan TIK yang pada awal pemberlakuan Kurikulum 2013 penerapannya terintegrasi dengan seluruh mata pelaaran melalui pembelajaran yang berbasis TIK. Perluasan dan pendalaman tersebut alkhirnya berdampak pada perbedaan yang mendasar mulai dari cakupan materi, proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Pedoman Implementasi Mapel Informatika Kurikulum 2013, KI KD Informatika SMP dan SMA, dan surat edaran kesiapan sekolah dalam menerapkan mata pelajaran informatika tahun pelajaran 2019/2020.

You Might Also Like:

Comment Policy: Ayo berikan komentar yang sesuai dengan tema postingan pada halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar