Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Pedoman Implementasi dan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Madrasah, KMA Nomor 183/184 tahun 2019

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta komunikasi yang mana sebagian besar dapat membawa perubahan dalam pola dan gagasan hidup bagi umat manusia, maka kurikulum Madrsah pun harus mampu mengantisipasi perubahan tersebut dan merespon tuntutan zaman yang selalu berubah - ubah.

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab diarahkan guna menyiapkan peserta didik madrasah supaya mampu beradaptasi dengan perubahan zaman sehingga diharapkan kedepannya memperoleh para lulusan yang kompatibel dengan tuntutan zaman dalam membangun peradaban bangsa (Indonesia). Seperti yang kita ketahui bahwa Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah secara bertahap diarahkan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi untuk memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik itu yang terkait dengan akidah akhlak, syariah maupun perkembangan budaya Islam, sehingga memungkinkan peserta didik menjalankan kewajiban beragama dengan lebih baik.

Berdasarkan surat keputusan nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah bahwa untuk standardisasi kurikulum pendidikan agama Islam dan bahasa arab pada madrasah, perlu ditetapkannya kurikulum pendidikan agama Islam dan bahasa arab pada madrasah, dalam hal ini oleh Menteri Agama untuk dijadikan sebagai acuan bagi madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan pendidikan di madrasah.

Untuk diketahui juga bahwa KMA nomor 183 dan 184 mulai berlaku pada tahun pelajaran 2020/2021, itu berarti bahwa KMA nomor 165 tahun 2014 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Sehubungan dengan KMA nomor 183 dan 184 tahun 2019 tersusun dengan banyak halaman dan saya sendiri khawatir salah dalam mendefinisikannya, sebaiknya anda lihat sendiri pedoman dan surat keputusannya yang dapat anda unduh pada tombol unduhan dibawah ini :

DOWNLOAD
Salinan KMA nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah (196 MB)

DOWNLOAD
Salinan KMA nomor 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah (12 MB)

Pastikan quota internet anda masih banyak jika ingin mengunduhnya karena salah satu file diatas memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 196 MB.

Demikian yang dapat saya informasikan, silahkan bagikan artikel ini supaya yang tidak tahu menjadi tahu. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar