Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Login Info GTK Kini Harus Menggunakan Akun PTK Dapodik

Pada semester ke-1 saat ini banyak keluhan terutama dari para guru yang tidak dapat mengakses aplikasi info gtk yang terbaru yang beralamat di http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Untuk bapak ibu ketahui bahwa banyak faktor yang menyebabkan anda tidak dapat mengakses alias tidak dapat login kedalam aplikasi info gtk versi Kemdikbud.

Salah Memasukan Email dan Password PTK

Penyebab yang pertama adalah kesalahan saat anda login yang jika dahulu untuk bisa mengakses info gtk cukup hanya menggunakan nomor NUPTK atau NIP sebagai username-nya dan tahun/bulan/tanggal (contoh : 19770714) sebagi passwornya). Namun di semester 1 yang sekarang ini kebijakannya telah berubah. jadi, apabila anda ingin mengakses aplikasi info gtk, maka anda harus login dengan menggunakan email dan password yang terdaftar di aplikasi Dapodik. Oleh sebab itu sebaiknya anda koordinasi dengan operator Dapodik untuk dibuatkan email dan password gtk.

Bagaimana jika kita lupa dengan email maupun passwordnya? Jika kejadiannya seperti itu sebaiknya laporan segera ke operator Dapodik anda di sekolah untuk minta di reset supaya dibuatkan password yang baru. Setelah proses reset selesai, tunggu 1 kali 24 jam setelahnya baru login dengan email dan password yang baru yang telah anda reset sebelumnya.

Banyak yang Membuka Info GTK Secara Berbarengan

Penyebab yang kedua anda tidak dapat mengakses halaman info.gtk.kemdikbud.go.id yaitu lalu lintas internet yang padat, artinya banyak orang yang antri untuk membuka halaman tersebut. Jika sudah demikian sebaiknya lakukan pengecekan di jam-jam yang tidak sibuk seperti di malam hari atau menjelang pagi sebelum subuh.

Jika anda tidak mau ambil pusing serahkan saja ke operator sekolah untuk memeriksanya, kemudian minta operator sekolah untuk print out data anda yang ada di info gtk. Apabila terdapat data yang tidak cocok sebaiknya segera diperbaiki. Namun apabila anda tidak ingin membebani operator sekolah karena seperti yang kita ketahui bahwa tugas operator sekolah sangatlah banyak. Oleh sebab itu belajarlah dari sekarang untuk melakukan pengecekan SKTP secara mandiri.

BACA JUGA : Cara mengetahui tugas tambahan kepala sekolah dan bendahara BOS valid atau tidak

Cara Mendapatkan Akun PTK dan Login Info GTK versi 2019

Dibawah ini adalah tata cara login ke dalam aplikasi info gtk versi 2019:

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk cek SKTP melalui info gtk yaitu bisa melalui smartphone/HP dan komputer/laptop. Namun saran saya sebaiknya lakukan pengecekan melalui komputer atau laptop saja ya karena kalau dari smartphone terkadang sulit untuk dibaca.

  1. Buka browser Chrome atau Firefox maupun aplikasi peramban yang sejenisnya, kemudian ketikkan alamat info.gtk.kemdikbud.go.id pada salah satu broswer tersebut;
  2. Tuliskan alamat email anda pada kolom account PTK dan password-nya pada kolom password PTK. Pastikan email dan password anda sama dengan yang ada di Dapodik;
  3. Pilih semester 1 tahun pelajaran 2019-2020, kemudian masukkan kode captcha pada kolom di bawahnya;
  4. Terakhir tekan tombol Login dan tunggu prosesnya sampai berhasil.

Apabila setelah anda menekan tombol login kemudian tampilannya menjadi blank putih, kemungkinan besar bahwa halaman info gtk sedang banyak yang mengakses. Jadi sebaiknya lakukan pengecekan di jam-jam yang tidak sibuk ya.

Apabila semua data anda telah terbuka secara sempurna pastikan data-data anda tidak ada yang bertanda silang merah. Pastikan semuanya harus bertanda centang hijau.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar