Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Alur Registrasi PPG Prajabatan Biaya Mandiri 2019

Sehubungan dengan adanya pertanyaan tentang bagaimana sih caranya kita mendaftar PPG prajabatan Mandiri secara online? Oleh karenanya melalui postingan ini saya akan memberikan alamat url atau link pendaftaran yang dapat anda kunjungi untuk melakukan registrasi PPG tersebut.

Sebelum saya lanjutkan ada baiknya anda memahami terlebih dahulu mengenai dokumen atau persyaratan apa saja yang harus anda penuhi jika ingin mendaftar menjadi peserta PPG prajabatan biaya mandiri tahun 2019-2020.

Syarat pertama yang harus anda penuhi yaitu anda harus sudah lulus S1/D4 yang berasal dari lulusan perguruan tinggi dengan nilai akreditasi AIPT minimal B dan dari program studi terakreditasi minimal minimal harus mendapatkan nilai B juga.

Pastikan perguruan tinggi anda telah sesuai kriterianya dengan yang saya sebutkan tadi, jika tidak sebaiknya urungkan niat anda karena itu hanya akan sia-sia saja. Selain itu, pastikan juga program studinya harus linier dengan bidang studi yang ada pada program PPG.

Perhatikan juga bahwa nama perguruan tinggi anda telah terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKI).

Syarat yang kedua pastikan anda berusia setidaknya dibawah 30 tahun terhitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran. Berbeda dengan syarat mendaftar CPNS yang usianya paling tinggi sampai dengan 35 tahun. Mungkin ada alasan tertentu yang mengharuskan batas usia maksimal paling tinggi sampai dengan 30 tahun bagi peserta PPG mandiri 2019. Saya sendiri belum bisa memberikan alasannya khawatir salah persepsi.

Berikut merupakan beberapa jenis seleksi yang harus diikuti bagi peserta PPG prajabatan biaya Mandiri tahun 2019-2020 diantaranya yaitu :.

  1. seleksi administratif;
  2. seleksi akademik; dan
  3. seleksi bakat minat kepribadian dan panggilan jiwa.

Jika di atas adalah beberapa persyaratan umum dan beberapa jenis seleksi yang harus diikuti oleh peserta PPG prajabatan biaya Mandiri, maka di bawah ini adalah cara daftar PPG-nya yang mana pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 November 2019 sampai dengan 11 November 2019.

Langkah - Langkah Mendaftar PPG Biaya Mandiri 2019 :

  1. Buka url http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id/registrasi. Pada laman tersebut silahkan anda lengkapi form pendaftarannya seperti dengan mengisikan nama provinsi, nama perguruan tinggi S1, program studi S1, nomor induk mahasiswa dan tanggal lahir anda (Bulan/Tanggal/Tahun).
  2. Setelah semua kolom terisi dengan benar, jangan lupa tekan tombol lanjutkan dan jika berhasil silahkan ikuti instruksi yang tertera disana.
  3. Untuk login gunakan kode registrasi dan password.

karena nomor NIM saya tidak terbaca dan sedang saya telusuri penyebabnya, jadi saya hanya bisa menyampaikannya cukup sampai disini saja. Saya sendiri adalah mahasiswa lulusan tahun 2015 pada perguruan tinggi Universitas Pendidikan Indonesia S1-kampus Purwakarta. Mohon maaf kiranya apabila ada kekurangan. Terima Kasih.

Kunjungi juga referensi lainnya tentang informasi PPG (Pendidikan Profesi Guru) pada tautan berikut :

  1. Pakta integritas PPG Daljab
  2. Login Aplikasi PPG Kemenag
  3. Jadwal seleksi akademik PPG guru madrasah
  4. Soal pretest PPG UKG SD kelas bawah
  5. Soal pretest PPG UKG SD kelas atas
  6. Kisi - kisi seleksi PPG dalam jabatan
  7. Program induksi PPG 2019

You Might Also Like:

Newest PostNewest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar