Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Belajar Dirumah Lebih Mudah Dengan Google Classroom

Sehubungan dengan aktivitas kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan dengan tatap muka, maka pilihan yang harus diambil oleh para guru yaitu dengan mengubah sistem pembelaajaran menjadi home learning (belajar dirumah) supaya proses KBM tetap berjalan secara maksimal. Mengingat kegiatan tersebut baru pertama kali dilaksanakan, pastinya banyak diantara guru yang mengalami kesulitan tentang bagaimana cara memberikan materi secara efektif tanpa membebankan siswa dengan banyaknya tugas yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu, pada kesempatan ini saya mencoba untuk berbagi tips tentang penduan belajar online dengan menggunakan google classroom.

Sebetulnya ada banyak pilihan yang dapat anda coba selain menggunakan google classroom diantaranya yaitu bisa melalui www.sekolah.mu atau bisa juga dari portal Rumah Belajar Kemdikbud yang sama - sama bisa diakses secara gratis oleh semua operator seluler (Telkomsel, Inodsat ooredoo, dan xl).

Namun disini saya lebih berfokus kepada penggunaan aplikasi google classroom terlebih dahulu karena saya yakin masih banyak yang belum paham dalam menggunakan aplilasi tersebut. Nah, bagi anda yang ingin mencobanya, mari simak panduannya seperti berikut.

Apabila anda ingin menggunakan smartphone, anda dapat mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Playstore. Jika melalui media laptop, silahkan anda buka url Classroom terlebih dahulu, kemudian :

  1. Masuk dengan menggunakan alamat email gmail.com (contoh : abc@gmail.com). Jika belum punya, silahkan anda buat terlebih dahulu email gmail-nya;
  2. Pada pojok kanan atas terdapat tanda +, silahkan anda klik tanda tersebut lalu pilih create class;
  3. Jika muncul jendela notifikasi, beri tanda ceklist tepat pada kotak I've read and understand the above notice, and im not using classroom at a school with student, kemudian tekan tombol Continue dan nantinya anda akan diarahkan untuk membuat kelas seperti pada gambar berikut;
  4. Keterangan :
    • Pada bagian Class name, silahkan anda tulis nama kelas misalnya Kelas 4 SDN Sukasejati 02;
    • Pada bagian section, tulis saja angka 1;
    • Pada bagian subject, silahkan anda tulis dengan nama Tematik atau nama mata pelajaran misalnya PJOK atau PAI BP dan lain - lain;
    • Pada bagian room, silahkan anda tuliskan nama ruang kelasnya, misalnya ruang 01 atau 02 dst.

    Setelah terisi semua, silahkan anda tekan tombol Create.

  5. Setelah nama kelas berhasil dibuat, silahkan anda pergi ke menu People lalu tambah siswa seperti pada gambar berikut;

Sampai pada tahap diatas, anda telah dinyatakan berhasil membuat kelas di google classroom. Untuk menambahkan siswa, syaratnya siswa anda harus memiliki alamat email (GMAIL) aktif, catat alamat email siswa - siswa anda untuk kemudian undang di untuk bisa masuk kedalam kelas yang telah anda buat tadi.

Setelah anda berhasil mengundang semua siswa anda, beri tahu mereka untuk membuka alamat emailnya masing - masing untuk membuka email undangan tersebut lalu suruh mereka tekan tombol GABUNG.

Langkah terakhir adalah membuat tugas kelas yang nantinya akan diberikan kepada siswa anda. Untuk lebih jelasnya saya akan membuatan panduan berupa video tutorial supaya anda lebih mudah untuk mempraktekannya yang bisa anda lihat melalui channel youtube Pojok Edu.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar