Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Catat! Meski UN Batal, UTBK SBMPTN Tetap Diadakan Loh

Seperti yang kita ketahui meskipun UN dibatalkan, namun pelaksanaan UTBK SBMPTN tetap diadakan walau sedikit tertunda. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tetap akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Tahun ini Ujian Nasional (UN) memang sudah tidak lagi menjadi penentu dalam hal syarat kelulusan siswa, akan tetapi seleksi masuk perguruan tinggi tetap harus dilakukan dengan mekanisme yang telah disiapkan oleh Kemdikbud dalam beberapa waktu kedepan.

Usut punya usut ternyata mekanisme seleksi SBMPTN yaitu dengan menggunakan metode rolling atau shifting yang artinya pelaksanaan SBMPTN dilakukan secara bergilir (tidak serentak).

"Seleksi masuk Perguruan tinggi itu tergantung pada SBMPTN, mau tidak mau harus dilaksanakan"

Sebelumnya, LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mengumumkan kalau pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 ditunda yang tertuang dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 09/SE.LTMPT/2020 yang berbunyi :

Memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19, maka pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada 20 April 2020, DITUNDA.
Pendaftaran dan Pelaksanaan UTBK akan DIUMUMKAN LEBIH LANJUT.

Jadi, pada intinya yang saya informasikan ini bahwa meskipun UN ditiadakan, pelaksanaan SBMPTN tetap akan berjalan sesuai dengan prosedur yang akan diumumkan dalam beberapa waktu kedepan.

Sumber : kompas

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar