Skip to main content
JAP PROFESI

follow us

Panduan Download dan Cetak Sertifikat Diklat PKB, K13 dan PKP

Sehubungan dengan adanya informasi mengenai sertifikat pelatihan/diklat PKP 2019 yang bisa dicetak secara mandiri, melalui artikel yang saya tulis ini diharapkan dapat mempermudah anda dalam melakukan cetak sertifkat tersebut.

Bagi anda yang pernah mengikuti kegiatan diklat PKP tahun 2019 atau pernah mengikuti diklat PKB mulai dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2019 serta diklat Kurikulum 2013 (K13) tahun 2018 dan 2019, anda pun bisa mengunduh dan mencetak sertifikat tersebut secara mandiri melalui website SIM PKB (sekarang berganti nama menjadi SIM GPO).

Bagaimana Cara Download dan Cetak Sertifikat Diklat PKB, K13 dan PKP? Untuk bisa melakukan cetak sertifikat diklat secara mandiri, yang harus anda siapkan adalah nomor UKG dan passwordnya supaya bisa login kedalam aplikasi SIM GPO. Jika anda sudah ingat dengan akun SIM GPO terutama passwordnya, maka langkah selanjutnya yaitu :

  1. Buka url SIM GPO, kemudian tuliskan nomor UKG anda tepat pada kolom Surel dan password SIM GPO anda tepat pada kolom Kata Sandi;
  2. Pada halaman utama/Beranda SIM GPO, silahkan anda pilih pada fitur pelatihanku. Didalam fitur tersebut, silahkan anda pilih jenis pelatihan yang akan anda unduh dan tentukan juga tahun pelatihannya pada kolom yang tersedia seperti pada gambar dibawah;
  3. Apabila sertifkat diklat tersebut sudah tersedia, silahkan anda klik dan kemdudian menjawab beberapa kuesioner yang telah disediakan;
  4. Setelah kuesiner terjawab semua, maka sertifikat diklat PKP anda akan terunduh secara otomatis;
  5. Terakhir silahkan anda cetak sertifikat tersebut. Mudah bukan?

Apabila anda pernah mengikuti diklat PKP, PKB maupun K13 namun sertifikat tersebut tidak tersedia di akun PKB anda bukan berarti nama anda tidak terdaftar, hanya saja proses penerbitannya dilakukan secara bertahap. Jika demikian, silahkan buka kembali akun PKB anda dilain waktu.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai tata cara donwload dan cetak sertifikat diklat PKB, K13 dan PKP tahun 2019. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dimengerti langkah - langkahnya. Apabila anda lupa dengan akun PKB anda, coba tanya dulu ke operator sekolah anda, siapa tau masih ada arsipnya atau jika memang tidak ada arsip, silahkan koordinasi dengan admin PKB di gugus masing - masing supaya bisa dilakukan reset password SIM PKB.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar