Skip to main content

Info GTK Semester 1 Sudah Bisa Dilihat, Ayo Cek Status Validasi Anda

Terhitung hari ini bagi, link info GTK semester 1 periode Juli - September sudah bisa diakses. Bagi para guru yang memperoleh tunjangan SKTP, ayo segera cek status validasi tunjangan tersebut untuk mengetahui statusnya apakah sudah valid atau belum?

Apabila status data anda pada info GTK versi 2021 menunjkan status tidak valid, maka yang harus anda lakukan adalah segera memperbaiki data tersebut melalui aplikasi dapodik. Biasanya penyebab valid atau tidaknya karena jumlah rombel kurang dari 24 jam. Jika demikian, ayo lengkapi jumlah jam mengajar anda supaya menjadi 24 jam (linier).

Jika status info GTK di semeseter 1 tahun 2021 statusnya sudah valid, berarti tinggal menunggu waktu penerbitak SKTP (SK Tunjangan profesi). Setelah SKTP terbit, jangan lupa simpan atau catat nomor SKTP anda sebagai arsip bilamana dibutuhkan sewaktu - waktu anda tidak akan pusing.

Cara Cek Info GTK Semester 1 Tahun 2021

Ada 2 (dua) cara untuk login cek SKTP pada website info GTK yaitu bisa melalui laman ptk.datadik.kemdikbud maupun langsung menuju laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan akun email PTK masing-masing yang terdaftar di dapodik.

Cara Pertama Cek Info GTK

Jika ingin login melalui laman ptk.datadik.kemdikbud, silahkan anda buka link tautan tersebut. Masukan alamat email dan password yang sebelumnya telah dibuat di dapodik oleh operator pendataan.

Setelah berhasil login, silahkan anda pilih menu biodata. Pada menu biodata tersebut, lalu scroll halaman tersebut sampai kebawah sampai anda menemukan Info GTK Buka Info GTK. Klik tepat pada opsi buka info gtk sehingga anda langsung diarahkan kehalaman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ tanpa harus login kembali.

Cara Kedua Cek Info GTK

Sedangkan untuk cara yang kedua apabila hendak cek SKTP bisa langsung dari laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Silahkan anda pilih login menggunakan akun ptk dapodik. Cek status SKTP anda apakah sudah terbit atau belum dalam artian apakah data sudah valid atau masih ada data yang harus diperbaiki (biasanya terdapat simbol silang merah).

Jika akun info gtk anda statusnya menunjukan data belum valid, silahkan anda perbaiki sesegera mungkin melalui aplikasi dapodik. Jika tidak tahu langkah - langkahnya bisa meminta bantuan ke operator pendataan di sekolah anda sambil menyiapkan berkas pendukung guna kelancaran bersama.

Kasus Tidak Bisa Login Info GTK

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab anda tidak bisa login info GTK, yang pertama memang laman tersebut masih dalah tahap uji coba dan bisa juga karena beban server yang berlebih. Namun yang saat ini terjadi karena anda belum melakukan reset password di dapodik. Jika tidak bisa login info GTK, silahkan anda lakukan reset password dengan cara menghubungi operator pendataan sekolah anda (OPS Dapodik).

Berikut adalah langkah - langkah mereset password akun PTK di dapodik:

  1. Buka laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/, kemudian login menggunakan akun operator pendataan;
  2. Pilih menu akun. Kemudian pada jenis akun, pilh PTK dan klik tombol Tampilkan;
  3. Cari nama PTK yang anda direset passwordnya;
  4. Klik logo pensil dan sekarang anda bisa membuat password baru melalui menu tersebut.

Setelah dibuatkan passwaor ptk baru, selanjutkan anda lakukan sinkronisasi melalui aplikasi dapodik dan tunggu prosesnya paling cepat 1 x 24 jam. Silahkan PTK tersebut login kembali ke info GTK dan login dengan menggunakan email dan password yang telah direset oleh operator pendataan.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 SELINTAS INF