Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Panduan Membuat Soal Online untuk Tugas Siswa Dirumah

Sesuai dengan arah kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Belajar mengajar secara daring (Online) dapat memberikan pengalaman baru baik bagi siswa maupun guru walaupun masih memiliki keterbatasan seperti kurangnya SDM. Namun, dengan situasi saat ini (efect covid-19). Oleh sebab itu, melalui artikel yang saat buat ini dapat menjadi referensi bagi para guru dalam membuat latihan soal online untuk dibagikan kepada siswa.

Jika anda rutin membaca artikel di blog selintasinfoh.com, sebelumnya saya sudah membuatkan panduan tentang cara menggunakan Google Classroom untuk membuat kelas online yang nantinya guru kelas dapat meng-upload soal untuk dikerjakan oleh siswa yang ada dikelas tersebut. Selain membuat soal secara mandiri, para guru juga dapat menggunakan soal - soal yang disediakan oleh situs - situs penyedia yang ada di internet seperti sekolahmu, zenius, quipper dan lain sebagainya.

Selain membuat soal dengan media Google Drive, anda juga dapat memanfaatkan jotform.com. Untuk langkah - langkahnya, mari simak berikut ini:

  1. Buka terlebih dahulu url JotForm;
  2. Pada halaman JotForm, silahkan anda pilih menu Signup. Ada 2 opsi yang dapat anda pilih yakni "Sign up withh Google" atau "Sign up with Facebook". Silahkan anda pilih mau pakai akun yang mana saja (bebas);
  3. Setelah berhasil masuk ke JotForm, pada pojok kiri atas pilih "Create Form" dilanjutkan dengan memilih opsi "Start Form Scrath" dan akhiri dengan memilih opsi "Classic Form";
  4. Pilih Add Form Eelement;
  5. Pada opsi "Add Form Eelement", Tekan dan tahan sambil digeser opsi "Full Name" kearah kanan pada bagian "heading" yang bertujuan untuk membuat user dan password login siswa.
  6. Kembali ke "Add Form Eelement", kemudian pilih opsi "Text". Tekan dan tahan kode tersebut kearah kanan untuk memulai membuat soal.

Pada tahap pembuatan soal ini, anda bisa copy paste soal - soal yang telah anda siapkan sebelumnya. Untuk menempatkan pilihan jawaban gunakan kembali menu "Add form element", lalu pilih opsi "Long text entry".

Setelah semua soal berhasil anda buat, klik menu "setting" pada form. Pada form setting tersebut, silahkan anda pilih email lalu kemudian klik tombol ( + ) untuk menambahemail.

Terakhir, klik menu publish pada bagian "Direct link of your form". Salin dan bagikan link tersebut agar siswa anda dapat mengerjakan soal online tersebut.

Itulah langkah - langkah dalam membuat soal online dengan menggunakan JotForm. Semoga bermanfaat!.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar