Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Download Surat Edaran, Tema dan Logo Hardiknas Tahun 2020

Ada yang berbeda dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 dengan tahun - tahun sebelumnya, dimana dalam pelaksanaan upacara bendera yang umumnya diselenggarakan disetiap kantor instansi pusat dan daerah, setiap satuan pendidikan, dan kantor perwakilan Republik Indonesia diluar negeri, tahun ini ditiadakan.

Peniadaan upacara bendera tersebut dilakukan bukan tanpa alasan, sebab tahun ini pemerintah kita (Indonesia) sedang mengalami masa darurat kesehatan masyarakat Covid-19 yang memaksa diberlakukannya PSBB dibeberapa daerah guna mencegah penyebaran wabah pandemi Covid-19.

Meskipun meniadakan upacara bendera disetiap instansi pemerintah, Kemendikbud sselaku panitia penyelenggara peringatan Hari Pendidikan Nasional tetap menyelenggarakan upcara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 pada hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 mulai pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 yang sebelumnya telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia tanpa menguragi makna, semangat, kehidmatan acara.

Tema dan Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2020

Berdasarkan usrat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 42518/MPK.A/TU/2020 perihal "pedoman peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020", meskipun disetiap kantor instansi pusat dan daerah, setiap satuan pendidikan, dan kantor perwakilan Republik Indonesia diluar negeri tidak ada upacara bendera, kemendikbud menghimbau untuk tetap mengikuti jalannya upacara bendera yang diselenggarakan oleh Kemendibud melalui siarang langsung via channel youtube Kemendikbud RI atau melalui saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing - masing.

Untuk diketahui bahwa tahun ini tema dari Peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah "Belajar dari Covid-19" dengan logo seperti pada gambar dibawah ini:.

Keterangan logo:

  1. Huruf Calibri Bold.
  2. GRADASI : Konsep warna gradasi merujuk pada semangat kreativitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensinya;
  3. BINTANG : mengganbarkan semangat Hardiknas yang selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Dengan garis yang luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman ang sangat dinamis.
  4. KECERIAAN : Menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong serta partisipasi publik.
  5. PENA : Menggambarkan proses pendidikan sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional dan spiritual dalam pelaksanaannya.

Bagi anda yang ingin mendownload surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 42518/MPK.A/TU/2020 perihal "pedoman peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020", logo Hardiknas 2020, spaduk dan umbul - umbul, anda dapat mengunjungi situs resmi Kemendikbud melalui url https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/pedoman-peringatan-hari-pendidikan-nasional-tahun-2020 atau melalui link alternatif yang telah saya sediakan dibawah ini.

  1. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 42518/MPK.A/TU/2020 (pdf file)
  2. Logo Hardiknas 2020 (pdf file)
  3. MLR backdrop, spanduk dan umbul - umbul (pdf file)

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga menjadi bermanfaat dan mari kita ikuti jalannya upacara bendera tersebut melalui channel Kemendikbud RI atau melalui saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing - masing.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar