Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

RPP 1 Lembar PAI dan Budi Pekerti SD Kurikulum 2013

RPP format 1 lembar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) jenjang sekolah Dasar SD/MI sederajat kurikulum 2013 edisi revisi terbaru untuk kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 (kelas atas dan kelas rendah).

Hai semuanya, bagaimana kabarnya? semoga dalam keadaan sehat selalu dan tetap #StayHome meskipun harus kerja dari rumah. Sebelumnya mohon maaf apabila jarang update karena masih sibuk dengan kerjaan didunia nyata. Berhubung hari ini ada waktu yang cukup kosong, sehingga saya dapat membagikan contoh format RPP 1 lembar PAI BP edisi revisi terbaru.

Sesuai dengan surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP dari yang berlembar - lembar menjadi 1 lembar sehingga menjadi lebih efisien dan efektif. Bagi anda yang mengajar mapel pendidikan agama dan budi pekerti dan belum memiliki RPP, semoga contoh format RPP yang saya bagikan ini menjadi bermanfaat untuk anda sekalian.

RPP PAI 1 Lembar SD Kurikulum 2013

Dalam melaksanakan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 kepada peserta didik (khususnya Sekolah Dasar), seorang guru haruslah memiliki bekal berupa materi ajar dalam bentuk silabus, prota, promes, RPP dan perangkat pendukung lainnya yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan transfer ilmu kepada peserta didik sebelum membuka kelas.

Setelah adanya kebijakan baru yang dibuat oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang perampingan RPP menjadi 1 lembar, sehingga para guru diharapkan bisa fokus mengajar yang artinya tidak lagi disibukkan oleh pembuatan RPP yang memuat kurang lebih sebanyak 13 komponen pembelajaran dan tentunya itu semua membutuhkan lembaran kertas yang banyak, sehingga dirasa kurang efektif dan tidak efisien.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP yang terbaru ini bahwa dalam pembuatannya itu hanya memuat 3 (tigas) komponen pokok pembelajaran yang terdiri dari :

  1. Tujuan Pembelajaran;
  2. Kegiatan Pembelajaran; dan
  3. Penilaian Pembelajaran.

Dari ketiga komponen diatas, dapat dismpulkan bahwa para guru bebas untuk membuat, memilih dan mengembangkan RPP dan yang terpenting tetap berpedoman pada prinsip efisien dan efektif, serta berorientasi pada murid.

Selain itu, para guru tetap dapat menggunakan format yang sudah ada sebelumnya atau bisa juga dengan memodifikasi format RPP yang sudah dibuat tersebut.

  1. Contoh format RPP 1 lembar PAI BP kelas 1
  2. Contoh format RPP 1 lembar PAI BP kelas 2
  3. Contoh format RPP 1 lembar PAI BP kelas 3
  4. Contoh format RPP 1 lembar PAI BP kelas 4
  5. Contoh format RPP 1 lembar PAI BP kelas 5
  6. Contoh format RPP 1 lembar PAI BP kelas 6

Demikian yang dapat saya bagikan untuk hari ini, semoga menjadi manfaat untuk anda sekalian. Bilamana terjadi kekeliruan dan ketidak sesuaian materinya, silahkan anda sesuaikan kembali supaya menjadi lebih sempurna lagi. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar