Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Syarat Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Periode Ke-empat Tahun 2020/2021

Salam sehat untuk bapak/ibu kepala sekolah, berikut ini saya sampaikan kembali tentang Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) untuk periode ke-empat tahun 2020/2021 yang diselenggarakan oleh Ditjen GTK melalui LPPKSPSPS yang barang kali akan sangat bermanfaat bagi bapak/ibu sekalian.

Bagi bapak/ibu yang akan menyelesaikan periode ke-tiga sebagai kepala sekolah dan kembali menjabat diperiode ke-empat ini wajib untuk mengikuti UKKS sesuai dengan surat edaran kepala LPPKS nomor 1058/B6.13/GT/2020 (11/03/2020).

Namun bagi bapak/ibu yang sudah masuk periode ke-empat di bulan Juli kemarin, maka anda tidak perlu lagi mengikuti UKKS ini (SE kepala LPPKS 3139/B18/GT/2019, tanggal 23 Juli 2019).

Persyaratan Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) Tahun 2020/2021

Bagi bapak/ibu kepala sekolah yang akan kembali menjabat sebagai kepala sekolah diperiode ke-empat tahun 2020/2021, berikut ini merupakan 3 persyaratan yang harus bapak/ibu punya, diantaranya yaitu harus memiliki:

  1. penilaian prestasi kerja dalam 3 tahun terakhir (kategori baik);
  2. surat tugas Dinas Pendidikan untuk mengikuti Uji Kompetensi; dan
  3. surat keterangan sehat dari dokter pemerintah.

Waktu, Tempat dan Metode Pelaksanaan UKKS Tahun 2020/2021

Seperti yang bapk/ibu ketahui bahwa pelaksanaan UKKS dilaksanakan tiap empat tahun sekali dalam satu tahunnya, yakni dibulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Oleh sebab itu, bapak/ibu hanya dapat mengikuti UKKS sebanyak satu kali dalam satu tahun terakhir masa tugas periode ketiga dan palin cepat enam bulan sebelum menyelasikan masa kerja bapak/ibu.

Untuk tempat pelaksanaan UKKS-nya sendiri berada di Provinsi/Kabupaten/Kota yang ditetapkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan melalui LPPKSPS.

Sedangkan untuk metode uji kompetensi yang digunakannya yaitu berupa Penilaian portofolio 3 tahun terakhir dan Penyusunan laporan best practice. Lebih rinci mengenai metode Penilaian portofolio dan metode Penyusunan laporan best practice beserta kriterianya, bapak/ibu dapat mengunduh buku panduannya yang terlampir dibawah.

  1. Surat edaran kepala LPPKS nomor 1058/B6.13/GT/2020
  2. Panduan UKKS Periode Ke-empat Periode ke-4 tahun 2020/2021
  3. Petunjuk SIM UKKS

Catatan : File yang bapak/ibu unduh akan diarahkan ke tautan safelink, silahkan bapak/ibu ikuti petunjuk yang tersedia pada halaman tersebut.

Jika mengalami kesulitan, silahkan kontak saya agar dapat saya kirimkan melalui email bapak/ibu atau tinggalkan komentar agar dapat saya ketahui. Terima kasih.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar