Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Update E-Rapor SD/SMP/SMA ke Tahun Pelajaran Semester Genap

Hallo sahabat operator sekolah khususnya operator dapodik, bagaimana? masih pada sehat kan? Semoga selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang lancar ya. Oh iya, btw sudah ada instruksi mengenai penggunakaan aplikasi erapor belum?

Jika sudah ada, mungkin sebagian dari anda ada yang masih bingung dalam melakukan update data semester ganjil ke semester genap, mengingat waktu pertama kali membuka aplikasi e-rapor, pilihan yang tersedia hanyalah semester ganjil saja.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penggunaan aplikasi erapor ini sudah tersedia pada masing - masing satuan pendidikan, baik itu satuan pendidikan SD, SMP maupun SMA. Namun, kemungkinan beberapa sekolah masih ada yang belum mengaplikasikan penggunaan aplikasi erapor semester ganjil dan baru mau memulainya pada semester genap pasti akan mengalami kebingungan ketika akan memilih opsi "tahun pelajaran".

Oleh sebab itu, melalui blog selintasinfoh ini saya mencoba untuk berbagi trik supaya aplikasi e-rapor dapat menampilkan opsi tahun pelajaran semester genap.

Cara Menampilkan Tahun Pelajaran Semester Genap pada Aplikasi e-Rapor SD/SMP/SMA

Sehubungan aplikasi e-rapor terintegrasi dari aplikasi dapodik, maka yang harus anda lakukan adalalah memperbaharui aplikasi dapodik terlebih dahulu keversi yang terbaru (Dapodik versi 2020.b Patch 1).

Jika dapodiknya sudah menggunakan versi yang paling baru, silahkan buka aplikasi e-rapor anda. Pastikan level usernya sebagai admin dan tahun pelajarannya tetap pada tahun pelajaran ganjil.

Penting! Pastikan koneksi internet dilaptop yang anda pakai masih aktif dan pastikan juga anda telah logout dari aplikasi dapodik.

Setelah anda berhasil login sebagai admin erapor, lakkan sinkronisasi dengan cara menekan tombol Ambil Data Dapodik dan pilih Sinkron semua data. Tunggu proses sinkronisasi tersebut sampai dengan selesai.

Setelah proses sinkron semua data telah selesai, selanjutnya logout dan tutuo aplikasi erapor. Buka kembali aplikasi erapor dan sekarang silahkan anda cek pada kolom tahun ajarannya pasti sudah tampil tahun pelajaran semester genap-nya.


Contoh panduan diatas menggunakan aplikasi e-rapor SD, untuk aplikasi e-rapor SMP dan SMA caranya juga tetap sama.

Jadi, bagi anda yang merasa kebingungan kerena tidak ada pilihan semester genap pada aplikasi e-rapornya itu dikarenakan anda belum melakukan sinkronisasi data (ambil data dapodik).

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar