Skip to main content
SELINTAS INFO

follow us

Kunci Jawaban Kelas 4 Tematik Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5

Melanjutkan kembali materi soal dan pembahasan beserta kunci jawaban kelas 4 SD tema 1 Indahnya Kebersamaan subtema 1 pembelajaran ke-5 (halaman 58-65). Apakah kamu masih ingat tentang cerita pawai budaya? Suku apa saja yang kamu ingat dalam pawai tersebut? Sekarang, kita akan mengenal salah satu suku yang ada di Indonesia, yaitu Suku Minang.

Fokus pada pembelajaran kelas 4 subtema 1 PB yang ke-5 ini yaitu ciri khas suku minang, segi banyak, ciri-ciri segi banyak, dan jenis-jenis segi banyak. Mari kita pelajari bersama - sama.

Ayo Membaca

Warga yang baik adalah warga yang mampu memahami dan menghargai keragaman serta perbedaan yang ada di sekitar mereka, baik keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, maupun agama.

Bacalah teks berikut dalam hati! (lihat buku siswa halaman 58 cerita Suku Minang).

Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang? Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

Jawab :

  1. Berasal dari provinsi manakah Suku Minang?
  2. Apa bahasa daerah Suku Minang?
  3. Apa nama tari tradiosional Suku Minang?
  4. Apa nama makanan khas Suku Minang?
  5. Sebutkan nama alat-alat musik tradisional suku minang!
"Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama".

Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

Jawab :

Dilingkungan tempat tinggal saya ada teman saya berasal dari suku batak dan juga suku jawa. Meskipun berbada suku dan agama, namun keduanya tetap hidup rukun.

"Presentasikan hasil temuanmu kepada teman dalam satu kelompok".)

Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tari Bungong Jeumpa? Ayo, kita pelajari gerak dasar berikutnya!

Ayo Mengamati

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerakan dasar tersebut, karena sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk.

Dihalaman yang ke-61 ini, tugas kalian adalah mempraktekan gerakan dasar tari Bungong Jeumpa posisi duduk.

"Setelah selesai belajar menari, sekarang kamu akan mendiskusikan tangram yang telah kamu buat sebelumnya".

Ayo Berdiskusi

Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut.

  1. Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan? Jelaskan.
  2. Jawab : Ya, didalam tangram tersebut ditemui bangun segi banyak yang tidak beraturan seperti segitiga siku-siku dan jajarganjang.

  3. Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak beraturan?
  4. Jawab : Ya, segi banyak beraturan diantaranya yaitu bentuk persegi dan segit tiga sama sisi.

Bagaimana caramu membedakan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut!

"Presentasikan diagram yang telah kamu buat kepada teman di sebelahmu!"

Ayo Renungkan

Setelah belajar hari ini, renungkanlah!

  • Seberapa sering kamu bekerja sama dengan orang yang berbeda? Jelaskan!
  • Jawab : Sering, karena dalam bekerja sama tidak boleh membeda - bedakan orang lain.

  • Apa yang akan kamu lakukan setelah mengetahui bahwa terdapat keberagaman di sekitarmu?
  • Jawab : Saling menghargai, menghormati dan merasa bangga dengan adanya keberagaman yang ada disekitar saya sehingga hidup menjadi lebih berwarna.

Itulah materi soal dan pembahasan beserta kunci jawaban yang terdapat pada buku siswa kelas 4 tema 1 subtema 1 "Keberagaman Budaya Bangsaku" pembelajaran yang ke-5. Semoga bermnfaat!

Sumber bacaan : Buku siswa kelas 4 tema 1 Indahnya Kebersamaan kurikulum 2013 revisi2017.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar