Skip to main content
SELINTAS INF

follow us

Modul Belajar Literasi dan Numerasi Untuk Kelas 1 Sampai 6 SD

Alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa darurat pandemi dan keterbatasan sumber daya yang berdampak pada kemungkinan pembelajaran tidak tersampaikan secara utuh maka diperlukan pembelajaran yang difokuskan pada literasi dan numerasi khususnya pada jenjang Seklah Dasar (SD).

Modul Literasi dan Numerasi dikembangkan untuk digunakan oleh siswa, orang tua dan guru di tingkat SD untuk memfasilitasi pembelajaran siswa selama Pandemi Covid atau kondisi khusus lainnya. Diharapkan bahwa modul tersebut dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk mengembangkan perangkat pengajaran lain dalam upaya untuk memfasilitasi siswa untuk belajar dalam kondisi khusus. Modul ini dikembangkan dengan mengacu pada kompetensi dasar dalam penyederhanaan kurikulum, tetapi kegiatan belajar dapat dioptimalisasi untuk mencapai kompetensi literasi dan numerasi disemua mata pelajaran.

Berikut beberapa rangkuman singkat mengenai isi dari modul belajar literasi SD:

  1. Modul Belajar Siswa (berisi aktivitas pembelajaran kontekstual);
  2. Modul Pendamping Guru (penjelasan mekanisme pendistribusian modul, umpan balik, pemetaan KD, kerangka acuan dan penjelasan aktivitas siswa selama pembelajaran satu Minggu); dan
  3. Modul Pendamping Orang Tua (tips mendampingi anak ketika belajar).

Mengapa Harus Berorientasi Pada Literasi dan Numerasi?

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, Alternatif terbaik pembelajaran dimasa darurat adalah pelaksanaan pembelajaran yang difokuskan pada literasi dan Numerasi. Mengingat kompetensi literasi dan numerasi merupakan kompetensi yang fundamental.

Contoh modul kelas 1 SD Tema 1 Subtema 1

Meskipun pembelajarannya berorientasi pada literasi dan numerasi, akan tetapi Kompetensi Dasar (KD) yang dirujuk adalah KD dari berbagai mata pelajaran dengan penguatan pendidikan karakter dan kecakapan hidup.

Itulah ulasan singkat mengenai isi dari modul belajar literasi dan numerasi untuk siswa kelas 1 sampai dengan siswa kelas 6 SD yang dapat anda pelajari modul - modulnya. Jika terdapat kekeliruan dalam rangkuman singkatnya pada postingan ini, mohon untuk dikoreksi kembali melalui kolom komentar supaya tidak menimbulkan kekeliruan yang berakibat fatal dalam penyampaian informasinya.

Source: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/tingkat-sd-modul-belajar-literasi-numerisasi/

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar