Skip to main content

Pelaksanaan MPLS Tahun 2021-2022 Ditengah Pandemi Covid-19

Hari Senin besok tepatnya pada tanggal tanggal 19 Juli 2021 adalah hari dimulainya tahun ajaran baru 2021-2022. Untuk diketahui bahwa adanya pemberlakuan PPKM darurat membuat membuat pelaksanaan MPLS dilaksanakan secara Daring.

Seperti biasa, awal tahun sekolah selalu ditandai dengan adanya kegiatan MPLS untuk siswa sekolah SD/SMP maupun SMA/SMK. Namun, mengingat Pandemi covid-19 yang selalu mengintai sehingga pembelajaran tatap muka di sekolah belum ditentukan oleh pemerintah. Akibatnya, implementasi kegiatan MPLS hanya dapat dilakukan secara online (kecuali sekolah - sekolah yang berada diwilayah zona hijau). Namun, materi yang diperkenalkan kepada siswa baru adalah bahan teoretis, sedangkan materi yang mensyaratkan pengalaman sekolah akan disampaikan ketika pandemi Corona telah berlalu dan sekolah telah diizinkan untuk pembelajaran tatap muka.

Jika tidak bergeser, pelaksanaan MPLS tahun 2021-2022 direncanakan mulai tanggal 19 Juli 2021 sampai dengan 22 Juli 2021 dengan mengikuti kebijakan pemerintah. Namun apabila masa PPKM kembali diperpanjang, maka perlu adanya alternatif dalam pelaksanaan MPLS tersebut.

Memang tak dapat dipungkiri lagi bahwa pandemi dapat membuat segalanya berubah dalam segala hal, terutama dalam kegiatan pembelajaran di sekolah - sekolah dari yang luring menjadi daring. Oleh sebab itu, agar kegiatan KBM tetap berjalan dengan baik diperlukan tatanan baru pada dunia pendidikan walau kemungkinan banyak yang tidak siap.

Dimulai dari tahun lalu sampai dengan saat ini, semua sekolah baik negeri maupun swasta telah menerapkan pebelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan media telekomunikasi dengan mengusung konsep dalam jaringan (Daring).

Peran pendidik pada kegiatan MPLS dimasa pandemi covid-19:

  1. memfasilitasi pembelajaran jarak jauh baik secara daring, luring atau menggabungkan keduanya sesuai dengan kondisi dan ketersediaan fasilitas pembelajaran;
  2. berkoordinasi dengan kepala sekolah dan mereview Materi;
  3. menyiapkan penilaian guru, menyusun pembelajaran dan umpan balik kepada siswa; dan
  4. Menyiapkan profil pembelajaran, status dan kebutuhan saat ini, termasuk dukungan dari keluarga.

Peran Orangtua pada kegiatan MPLS dimasa pandemi covid-19:

  1. selalu berkomunikasi dengan guru maupun tenaga pendidik;
  2. bersama - sama dengan guru merencanakan pembelajaran inklusif (jadwal dan penugasan) sesuai dengan kondisi orang tua dan siswa;
  3. bersama - sama dengan guru dalam mengontrol pembelajaran siswa; dan
  4. selalu berkoordinasi dengan guru mengenai penugasan belajar.

Beberapa alternatif kegiatan MPLS tahun ajaran 2021-2022 secara online dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti video converence, youtube, vlog, zoom, facebook, whatsapp group, webex dan lain - lain.

Lebih rinci mengenai juknis pelaksanaan MPLS berdasarkan permendikbud nomor 18 tahun 2016 dan materi - materi serta pendukungnya dapat anda lihat pada tautan berikut:

  1. Juknis-Juklak MPLS 2021/2022
  2. Silabus MPLS 2021/2022
  3. Formulir MPLS 2021/2022
  4. Contoh Kegiatan MPLS 2021/2022
  5. Contoh materi MPLS 2021/2022 (format zip)

Sebelum anda mengaplikasikan khususnya contoh materi MPLS disarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Jika terdapat kalimat - kalimat yang kurang pantas sebaiknya di-skip dan jangan digunakan. Untuk contoh materi MPLS yang berformat zip, untuk membukanya perlu diekstrak terlebih dahulu karena terdiri dari beberapa file. Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi 7.zip maupun winrar yang dapat dengan mudah anda cari diinternet.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 SELINTAS INF