Skip to main content

Aplikasi Digitalisasi Sekolah Merdeka Mengajar

Salah satu program sekolah penggerak adalah "Digitalisasi Sekolah" yang bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatakn efisiensi, menambah inspirasi dan pendekatan yang bersifat customized. Apa itu program sekolah penggerak? Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Karakteristik Program Sekolah Penggerak

Program sekolah penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

  1. Program kolaborasi antara kemdikbud dengan pemerintah daerah dimana komitmen pemerintah daerah menjadi kunci utama;
  2. Intervensi dilakukan secara holistik, mulai dari SDM sekolah, pe,belajaran, perencanaan, digitalisasi dan pendampingan pemerintah daerah;
  3. Memiliki ruang lingkup yang mencakup seluruh kondisi sekolah (tidak hanya sekolah unggulan saja) baik negeri maupun swasta;
  4. Pendampingan dilakukan secara 3 tahun ajaran dan sekolah melanjutkan upaya transformasi secara mandiri;
  5. Program dilakukan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi sekolah penggerak.

Selain itu, untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang program sekolah penggerak mengenai:

  1. tahapan program sekolah penggerak;
  2. lingkup program sekolah penggerak;
  3. 5 intervensi program sekolah penggerak;
  4. peran pemerintah dan lembaga lain;
  5. target jangka panjang;
  6. manfaat untuk pemerintah daerah;
  7. manfaat untuk sekolah;
  8. lini masa kegiatan;
  9. persyaratan peserta.

Anda dapat membacanya secara lengkap, langsung dari sumber resminya melalui url https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak/.

Aplikasi Merdeka Mengajar Sebagai Platform Digitalisasi Sekolah

Aplikasi merdeka mengajar merupakan produk perangkat ajar dan pusat informasi yang bisa anda unduh di google playstore atau bisa mengakses langsung dilaptop pada url https://guru.kemdikbud.go.id/.

Untuk diketahui bahwa saat ini aplikasi merdeka mengajar masih difokuskan untuk sekolah penggerak. Akan tetapi nantinya akan dapat diakses semua sekolah dan guru.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi merdeka mengajar? Untuk menggunakan aplikasi tersebut, sebelumnya anda harus memiliki akun belajar.id. Jika anda tidak tahu, silahkan minta akun belajar.id anda kepada operator sekolah (operator pendataan). Akun belajar.id berupa alamat email seperti selintasinf@guru.sd.belajar.id.

Gunakan fitur perangkat ajar (Lihat Pilihat Perangkat), kemudian login dengan menggunakan alamat email dan password belajar.id. Setelah berhasil login, silahkan anda cari modul ajar, buku teks, buku murid, atau buku guru berdasarkan mata pelajaran dan fase yang diiginkan. Klik unduh agar file yang anda cari bisa anda simpan diperangkat laptop atau smartphone android anda.

Klik tombol "Buat Tombol Baru" agar anda dapat mengelompokan perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan anda. Agar perangkat ajar dapat diakses lebih cepat, silahkan anda gunakan fitur "tandai".

Apabila anda tidak bisa login meskipun anda sudah memiliki akun belajar.id memang saat ini aplikasi tersebut sementara dikhususkan untuk sekolah penggerak.

Demikian yang dapat saya informasikan mengenai aplikasi digitalisasi sekolah merdeka mengajar. Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 SELINTAS INF