Skip to main content

Cara Menautkan Akun Belajar ID dengan SIMPKB [Integrasi Layanan]

Sebelum anda berniat menautkan akun belajar id yang anda peroleh dari operator pendataan dapodik, anda harus memiliki akun SIMPKB terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki akum SIMPKB, silahkan anda melakukan resgitrasi terlebih dahulu melalui halaman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id atau bilamana anda tidak tahu nomor UKG, anda juga bisa melakukan pencarian nomor UKG melalaui halaman tersebut.

Harap diperhatikan! Jika belum pernah mengikuti UKG, anda tidak bisa menikmati layanan SIMPKB karena syaratnya yaitu harus mengikuti UKG terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga bahwa nama anda telah terdaftar di dapodik (Data Pokok Pendidikan) sekolah. Berikut adalah cara mencari dan mengaktivasi akun SIM-PKB anda melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id. Pada halaman yang anda buka tadi, klik tombol Pencarian Data GTK. Kemudian masukan nama lengkap anda, propinsi, dan kota anda kemudian klik tombol CARI GTK.

Selanjutnya gulir kebawah. Jika anda pernah mengikuti UKG, maka dari hasil pencarian tersebut akan tampil biodata GTK berupa nama lengkap anda, nomor UKG milik anda, satmikal dan status. Apabila tidak tampil, sudah dipastikan anda belum pernah mengikuti UKG atau karena hal lainnya (Silahkan anda hubungi admin komunitas KKG/MGMP atau admin PKB Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau melalui admin P4TK naungan anda).

Selanjutnya setelah nomor UKG ditemukan, tahap berikutnya yaitu melakukan registrasi SIMPKB. Silahkan anda klik tombol Registrasi Akun. Lengkapi data dengan mengisi Nomor Peserta UKG dan Tanggal Lahir anda serta klik konfirmasi "Saya bukan robot". Jika sudah silakan klik tombol REGISTER sampai tampil pop up informasik persetujuan. Lakukan konfirmasi registrasi akun dengan mengklik tombol Setujui dan Cetak. Catat dan simpan username dan password tersebut karena nantinya akun tersebut akan digunakan untuk login ke SIMPKB.

Apabila sebelumnya pernah melakukan registrasi SIMPKB dan lupa password loginnya, silahkan lakukan reset kata sandi dengan cara menhubungi admin komunitas KKG/MGMP atau admin PKB Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat atau melalui admin P4TK naungan anda.

Lihat juga:

Setelah anda berhasil melakukan registrasi akun dalam SIMPKB, selanjutnya anda perlu melakukan login. Pada laman portal akan ditampilkan program-program yang terdapat dalam layanan SIMPKB, program-program yang dimaksud seperti PPG Dalam Jabatan dan Prajabatan, Guru Penggerak, Guru Berbagi, Sekolah Penggerak, diklat, dan sebagainya. Untuk login sebagai GTK ataupun Admin (Admin Pusat, LPMP, Dinas Pendidikan, dsb) silakan klik pada tombol Masuk di bagian SIMPKB - Admin/Personal.

Selanjutnya Anda akan diarahkan menuju laman login, silakan masukkan alamat username dan password dari akun SIMPKB milik anda. Apabila surel dan kata sandi yang Anda masukkan telah sesuai, maka Anda akan diarahkan menuju laman beranda dari Akun SIMPKB Anda. Sampai pada tahapan ini Anda telah berhasil melakukan login kedalam SIMPKB, pada laman beranda SIMPKB juga akan dimunculkan notifikasi pengumuman yang sedang aktif. Anda dapat mengakses seluruh menu yang tersedia sesuai dengan hak akses yang anda miliki.

Cara Menautkan Akun Belajar ID dengan SIMPKB

Saat ini layanan SIMPKB telah mengakomodir integrasi dengan layanan Akun Pembelajaran belajar.id sehingga nantinya anda sebagai guru dapat login pada SIMPKB menggunakan akun pembelajarannya masing-masing.

"Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik".

Setiap Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan alias dapodik sudah memiliki akun pembelajaran sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Apabila anda belum memperolah akun pembelajaran, segera hubungi operator pendataan dapodik sekolah anda. Setalah anda memperoleh akun belajar.id, tahapan untuk menautkan akun tersebut yakni:

  1. buka laman https://akun.simpkb.id/;
  2. login menggunakan username dan password dari akun SIMPKB;
  3. pada dashboard SIMPK tersebut, dibagian Integrasi Layanan klik tombol Selengkapnya;
  4. pada fitur integrasi layanan, silakan anda klik tombol TAUTKAN lalu masukan akun belajar.id beruma email yang berdomain @guru.sd.belajar.id [contoh: selintasinfoh@guru.sd.belajar.id];
  5. pada tahap penautan, sistem akan mengarahkan pada laman login akun pembelajaran anda. Masukan email dan password akun pembelajaran yang berdoamin @guru.sd.belajar.id pada form yang diberikan;
  6. Selamat Akun pembelajar Anda berhasil ditautkan.

Untuk percobaan, silakan anda keluar (logout) dari SIMPKB, lalu masuk kembali dengan menggunakan akun pembelajaran belajar.id. Pada saat mau masuk, jangan klik tombol Masuk akan tetapi klik tombol Masuk dengan akun belajar.id.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara menautkan akun belajar.id dengan akun SIMPKB. Semoga bermanfaat.


Berbagi itu peduli:

Comment Policy:

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Untuk komentar out of topics silahkan masuk ke Forum Tanya Jawab
Buka Komentar
Buka Komentar
Jangan Diklik!

Menarik Untuk Dibaca Juga:


PrivacySitemap
©2021 SELINTAS INF